JUKNIS PENILAIAN PEMBELAJARAN RA (RAUDHATUL ATHFAL)

JUKNIS PENILAIAN PEMBELAJARAN RA (RAUDHATUL ATHFAL)
KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM NOMOR 5611 TAHUN 2016
TENTANG
PETUNJUK TEKNIS PENILAIAN PEMBELAJARAN SISWA RAUDHATUL ATHFAL

Menimbang :
 bahwa dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan di tingkat satuan pendidikan Raudhatul Athfal kepada masyarakat, perlu menetapkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam tentang Petunjuk Teknis Penilaian Pembelajaran Siswa Raudhatul Athfal;

MEMUTUSKAN:
Menetapkan : 
KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM TENTANG PETUNJUK TEKNIS PENILAIAN PEMBELAJARAN SISWA RAUDHATUL ATHFAL.

KESATU : Menetapkan Petunjuk Teknis Penilaian Pembelajaran
Siswa Raudhatul Athfal sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan ini.

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas berkat dan rahmatNya Direktorat Pendidikan Madrasah Kementerian Agama dapat menyelesaikan Petunjuk Teknis Penilaian Pembelajaran Siswa Raudhatul Athfal. Petunjuk Teknis ini diharapkan dapat menjadi pedoman dalam melakukan proses penilaian pembelajaran siswa di Raudhatul Athfal.

Pendidikan pendidikan pada Raudhatul Athfal memiliki prinsip dalam pembelajaran yaitu bermain sambil belajar sehingga penilaian yang dilakukan memiliki kekhususan tersendiri, berbeda dengan penilaian untuk sekolah tingkat dasar dan menengah, yang perlu dilakukan secara cermat dan hati-hati. Proses penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses pembelajaran dan bersifat menyeluruh (holistik) yang mencakup semua aspek perkembangan anak didik baik aspek sikap, ilmu pengetahuan maupun keterampilan.
[ads-post]
Agar tujuan penilaian dapat tercapai, maka guru hendaknya memiliki pengetahuan berbagai metode dan teknik penilaian sehingga memiliki keterampilan memilih dan menggunakan dengan tepat metode dan teknik yang dianggap paling sesuai dengan tujuan dan proses pembelajaran, serta pengalaman belajar yang telah ditetapkan.

Implementasi Kurikulum Raudhatul Athfal menuntut kesiapan semua pihak, terutama dalam mencermati proses penilaian sebagai salah satu standar nasional pendidikan agar dalam mengelola pembelajaran dapat lebih adaptif, efektif dan efisien.

Kepala, pendidik dan pengawas Raudhatul Athfal merupakan garda terdepan penentu kemajuan pendidikan pada tingkat RA, oleh karena itu peranannya dalam implementasi kurikulum menjadi sangat penting. Sehingga pengetahuan dan keterampilan mereka harus selalu ditingkatkan.

Petunjuk teknis penilaian pembelajaran siswa Raudhatul Athfal ini menjadi salah satu sarana pembelajaran dalam membantu para pemangku dan pengelola pendidikan di tingkat Raudhatul Athfal dalam melakukan proses penilaian pembelajaran.
Jakarta, September 2016

| JUKNIS PENILAIAN PEMBELAJARAN RA (RAUDHATUL ATHFAL)

Masukkan email anda.


Labels:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya.
1. Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik
3. Mohon untuk berkomentar 1 kali saja untuk topik yang sama.
4. Setiap komentar yang dikirim menunggu persetujuan Admin untuk di terbitkan.

[facebook][blogger]

Filenya.com

{google-plus#https://plus.google.com/+FilenyaCom/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget