Tidak ada Penerimaan CPNS, Sekolah Pedalaman Ini Kekurangan Guru

Tidak ada Penerimaan CPNS, Sekolah Pedalaman Ini Kekurangan Guru Seluruh sekolah di Kecamatan Gunung Purei Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, kekurangan tenaga pengajar.

Tidak ada Penerimaan CPNS, Sekolah Pedalaman Ini Kekurangan Guru

Tidak ada Penerimaan CPNS, Sekolah Pedalaman Ini Kekurangan Guru

Seluruh sekolah di Kecamatan Gunung Purei Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, kekurangan tenaga pengajar.

"Saat ini tenaga pengajar di sekolah-sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Gunung Purei saat ini masih kurang. Oleh karena itu diharapkan kepada Pemkab Barito Utara menambah tenaga pengajar di kecamatan kami," kata Camat Gunung Purei PB Girsang ketika berada di Muara Teweh, Jumat (11/11/2016).

Menurut Girsang, pihaknya masih memerlukan penambahan tenaga guru untuk mengisi kekurangan tenaga pengajar di sekolah-sekolah yang kekurangan guru.

"Ini harapan masyarakat di daerah ini agar anak mereka bisa mendapat pendidikan yang lebih maksimal dengan tenaga guru yang lengkap," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara, Elpi Elpannop mengakui, jumlah tenaga pendidik di daerah ini masih kurang karena tidak adanya penerimaan CPNS tahun 2016 ini. Ditambah lagi ada guru-guru yang telah pensiun dan ada pula yang telah meninggal.

"Selain itu juga ada menambah sebanyak lima sekolah satu atap (SATAP) di daerah ini, yang juga membutuhkan tenaga guru. Kami mengakui kalau jumlah tenaga pengajar di daerah kita ini masih kurang, kami juga telah mengusulkan ke BKD untuk penerimaan CPNS guru, namun belum ada pernerimaan guru CPNS," katanya didampingi Kabid Pendidikan SD dan SLTP Asmuri.

Untuk mengatasi kekurangan tenaga pengajar tersebut, sekolah bisa mengangkat tenaga honorer untuk sementara dengan pengalihan dari dana BOS.

"Dana BOS ini bisa dipergunakan untuk mengalihkan tenaga honor asalkan tidak lebih dari 15 persen," katanya.

Sedangkan upaya yang dilakukan Dinas Pendidikan terkait dengan kekurangan tenaga guru ini, yakni dengan menyetujui permohonan guru yang dengan kemauannya ingin pindah dari sekolah yang ada di kota ke sekolah yang mengalami kekurangan guru di desa-desa.

"Dengan adanya program sertifikasi guru kita sangat terbantu, dimana telah cukup banyak guru yang pindah mengisi kekosongan tenaga guru sekolah-sekolah yang ada di desa," ujar Elpi.

Kecamatan Gunung Purei merupakan salah satu kecamatan pedalaman di Barito Utara yang berbatasan dengan Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Masukkan email anda.


Labels:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya.
1. Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik
3. Mohon untuk berkomentar 1 kali saja untuk topik yang sama.
4. Setiap komentar yang dikirim menunggu persetujuan Admin untuk di terbitkan.

[facebook][blogger]

Filenya.com

{google-plus#https://plus.google.com/+FilenyaCom/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget