INSTRUMEN EDS (Evaluasi Diri Sekolah) SD,SMP,SMA,SMK

 INSTRUMEN EDS (Evaluasi Diri Sekolah) SD,SMP,SMA,SMK

 INSTRUMEN EDS (Evaluasi Diri Sekolah) SD,SMP,SMA,SMK

Siapa yang Melaksanakan Evaluasi Diri Sekolah (EDS)? Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dilaksanakan oleh Tim  Pengembang Sekolah (TPS) yang terdiri atas: (1) Kepala Sekolah; (2) Wakil unsur guru; (3) Wakil Komite Sekolah; (4) Wakil orang tua siswa dan (4) Pengawas – sebagai fasilitator/pembimbing/verifikator

Instrumen apa yang digunakan dalam Evaluasi Diri Sekolah (EDS) Instrumen Evaluasi Diri Sekolah (EDS) terdiri dari 8 (delapan) Standar sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Setiap Standar terdiri atas beberapa komponen. Setiap Komponen terdiri dari beberapa Indikator. Setiap komponen terdiri dari beberapa sub komponen. Setiap Indikator memberikan gambaran lebih rinci dari  informasi kinerja sekolah. Berikut ini disajikan tautan untuk mendownload contoh instrumen Evaluasi Diri Sekolah Tahun 2012:


Dalam konteks penerapan Total Quality Management  (TQM), evaluasi diri merupakan hal yang esensial. Data hasil evaluasi diri menjadi basis bagi upaya perbaikan di setiap komponen/aspek yang dipandang masih lemah. Evaluasi Diri Sekolah bukan untuk kepentingan pencitraan, melainkan untuk proses perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan di sekolah itu sendiri, khususnya berkaitan dengan pemenuhan Standar Nasional Pendidikan.

Berbeda dengan evaluasi diri dalam konteks Akreditasi Sekolah, yang adakalanya (-tidak selamanya dan tidak semuanya-) sudah disusupi dengan ambisi untuk mengejar status tertentu, sehingga data yang tersaji dalam evaluasi diri seringkali kurang obyektif dan cenderung diada-adakan. Untuk Evaluasi Diri Sekolah  saya kira hal ini tak perlu terjadi.  Pastikan saja bahwa instrumen yang digunakan benar-benar dapat menjaring data yang lengkap dan obyektif. Seburuk apapun data dan fakta yang didapat, lebih baik diangkat ke permukaan (tidak ditutup-tutupi) untuk dicarikan jalan keluarnya melalui aneka program yang mungkin bisa disiapkan. Bagaimana menurut Anda?

Masukkan email anda.


Labels:

Post a Comment

siip.. sangat membantu infonya terima kasih

Terima kasih atas kunjungannya.
1. Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik
3. Mohon untuk berkomentar 1 kali saja untuk topik yang sama.
4. Setiap komentar yang dikirim menunggu persetujuan Admin untuk di terbitkan.

[facebook][blogger]

Filenya.com

{google-plus#https://plus.google.com/+FilenyaCom/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget