no fucking license
Bookmark

4.18 Madrasah Games (Penjas Akomodatif) - Contoh Soal Jawaban Pintar Kemenag

Advertisement
4.18 Madrasah Games (Penjas Akomodatif) - Contoh Soal Jawaban Pintar Kemenag
Madrasah Games adalah salah satu inisiatif Kementerian Agama (Kemenag) Indonesia dalam rangka memperkenalkan pendidikan agama secara menyenangkan dan interaktif kepada siswa madrasah. Berikut adalah beberapa informasi terkait Madrasah Games pintar kemenag:

  • Tujuan: Madrasah Games bertujuan untuk mengubah paradigma pembelajaran agama menjadi lebih menarik, interaktif, dan menghibur bagi siswa madrasah. Dengan menggunakan pendekatan permainan, diharapkan siswa dapat lebih antusias dan aktif dalam mempelajari materi agama.
  • Pendekatan Berbasis Teknologi: Madrasah Games mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran agama dengan menyediakan aplikasi atau platform digital yang dapat diakses oleh siswa secara online. Ini memungkinkan siswa untuk belajar kapan saja dan di mana saja sesuai dengan preferensi mereka.
  • Ragam Materi: Madrasah Games menyajikan beragam materi pembelajaran agama Islam, mulai dari ajaran pokok agama, sejarah Islam, hingga tata cara ibadah. Materi disajikan secara menarik dan interaktif agar siswa dapat belajar dengan lebih mudah dan menyenangkan.
  • Permainan Edukatif: Madrasah Games menyajikan materi pembelajaran dalam bentuk permainan edukatif, seperti tebak-tebakan, kuis, puzzle, atau permainan interaktif lainnya. Melalui permainan ini, siswa diajak untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dan meningkatkan pemahaman mereka tentang agama Islam.
  • Penghargaan dan Insentif: Untuk meningkatkan motivasi siswa, Madrasah Games seringkali menyediakan penghargaan atau insentif bagi siswa yang berhasil menyelesaikan tugas atau mencapai skor tertinggi dalam permainan. Hal ini bertujuan untuk memberikan dorongan tambahan bagi siswa dalam belajar agama.
  • Kolaborasi dengan Lembaga Pendidikan: Madrasah Games kerap kali bekerja sama dengan lembaga pendidikan, guru-guru agama, dan pakar pendidikan untuk mengembangkan materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa madrasah. Hal ini memastikan bahwa materi yang disajikan relevan dan berkualitas.
  • Pengembangan Skill: Selain menyediakan materi agama, Madrasah Games juga kadang-kadang menyajikan permainan yang dapat membantu pengembangan skill lainnya, seperti keterampilan berpikir kritis, keterampilan problem solving, atau keterampilan kolaborasi.

Melalui Madrasah Games, Kemenag berharap dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap agama Islam serta memperkaya pengalaman pembelajaran mereka dengan pendekatan yang lebih menyenangkan dan inovatif.

4.18 Madrasah Games (Penjas Akomodatif) - Contoh Soal Jawaban Pintar Kemenag


1. Madrasah Games bukan program untuk mencapai keunggulan dalam bidang olahraga, tetapi bermanfaat untuk meningkatkan tumbuh-kembang peserta didik melalui berbagai permainan olahraga sebagai alat menciptakan perubahan positif.
Di bawah ini aspek tumbuh kembang yang menjadi tujuan khusus program madrasah games yaitu 
A. kognitif, bahasa, motorik, permainan, dan kemandirian
B. kognitif, bahasa, olahraga, sosial emosional, dan kemandirian
C. kognitif, bahasa, motorik, sosial emosional, dan kemandirian
D. kognitif, perilaku, motorik, sosial emosional, dan kemandirian
Jawaban:
C. kognitif, bahasa, motorik, sosial emosional, dan kemandirian

2. Berikut ini tujuan khusus Madrasah Games, kecuali...
A. menyebarluaskan nilai-nilai yang terkait dengan olahraga guna mendorong terjadinya perubahan sikap
B. mendorong kesetaraan gender
C. menanamkan kompetisi di kalangan peserta didik
D. menyediakan ruang untuk saling bertemu, berdialog dan bertukar pengalaman untuk mendorong kohesi dan inklusi sosial
Jawaban:
C. menanamkan kompetisi di kalangan peserta didik

3. Program aktivitas untuk menanamkan nilai-nilai ke-Islam-an dan ke-Indonesia-an kepada peserta didik melalui kegiatan permainan olahraga dalam pendidikan di madrasah, guna membantu semua peserta didik dalam mengembangkan dan mewujudkan potensi mereka.
Program aktivitas dimaksud pada pendidikan inklusif di madrasah dinamakan...
A. ice breaking
B. Madrasah Games
C. sport activity
D. body kinestetik
Jawaban:
B. Madrasah Games

4. Guru dan peserta didik duduk melingkar untuk mendorong kepercayaan diri peserta didik di antara mereka sendiri, kemudian guru memperkenalkan sebuah nilai tertentu dan bertanya kepada peserta didik tentang arti dari nilai tersebut dan menjelaskan aktivitas-aktivitas yang akan dilakukan anak-anak pada hari itu untuk membantu anak-anak memahami arti dari sebuah nilai akan meningkatkan proses belajar mereka.
Aktivitas tersebut merupakan kegiatan Madrasah Games pada sesi..
A. presentation (presentasi)
B. Madrasah Games match (pertandingan Madrasah Games)
Jawaban:
A. presentation (presentasi)

5. Di bawah ini adalah sesi-sesi pada Madrasah Games:
1. Presentation (presentasi)
2. Warm up activity (kegiatan pemanasan)
3. Learning activities (kegiatan pembelajaran)
4. Madrasah Games match (pertandingan Madrasah Games)
5. Cool down activity (kegiatan pendinginan)
6. Closing (penutup)
Urutan yang tepat saat sesi Madrasah Games berlangsung adalah..
A. 1, 2, 3, 4, 5, 6
B. 1, 3, 2, 5, 4, 6
C. 1, 2, 4, 3, 5, 6
D. 1, 4, 3, 2, 1, 6
Jawaban: 
A. 1, 2, 3, 4, 5, 6
Advertisement
Advertisement
Posting Komentar

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya.
1. Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik
3. Mohon untuk berkomentar 1 kali saja untuk topik yang sama.
4. Setiap komentar yang dikirim menunggu persetujuan Admin untuk di terbitkan.