no fucking license
Bookmark

Panduan Penggunaan VERVALPD Bagi Operator Sekolah Dasar (SD)

Advertisement
Panduan Penggunaan VERVALSP Verifikasi Validasi Data Satuan Pendidikan
[update]

Cara Log in Vervalpd OPS SD

[/update]
PENDAFTARAN
Akses laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id/ Bagi Operator SEKOLAH DASAR harus lakukan regristrasi supaya bisa log in vervalpd.

LOGIN 
Akses laman http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id Isikan username (email) dan password sesuai dengan akun yang didaftarkan di laman Jaringan Pengelola Data Pendidikan (SDM).

HOME
Menu HOME di bagian kiri menampilkan Perbandingan data Peserta Didik pada diagram pie, bila krusor kita arahkan ke diagram pie tersebut maka akan terlihata data jumlah peserta didik yang sudah valid dalam referensi yang di gambarkan dengan warna biru, Data Invalid warna merah , Data Belum memiliki NISN warna ungu dan Data Tidak memeilii NISN warna orange di sertai dengan angka dan presentasenya Sedangkan di bagian kanan menampilkan grafik progres harian verval per tanggal.

[update]

Cara Cek Daftar Peserta Didik yang sudah memiliki NISN Valid

[/update]
Klik menu REFERENSI, kemudian Klik tombol AKTIF, maka akan tampil data peserta didik dengan NISN valid.
Klik Page Side berikutnya untuk melihat daftar selanjutnya.
[update]

CARA CEK DAFTAR PESERTA DIDIK YANG SUDAH LULUS

[/update]Klik menu REFERENSI, kemudian Klik tombol LULUSAN, akan tampil data peserta didik lulusan tahun kemarin dengan keterangan melanjutkan ke SMP tujuan (bila data sudah di tarik on line oleh OPS penerima di sekolah tujuan.

Klik Page Side berikutnya untuk melihat daftar selanjutnya
[update]

MEMPERBAIKI SISWA BELUM MEMILIKI NISN

[/update]
Langkah 1
  1. Klik Menu BELUM MEMILIKI NISN , tampil daftar data Peserta Didik Mutasi masuk dari sekolah lain yang merupakan data siswa hasil sinkronisasi dari aplikasi Dapodik dengan proses registrasi masuk ke rombel sebagai MUTASI.
  2. Klik tombol MUTASI SISWA Tampil pencarian data siswa mutasi di sekolah asal. (syaratnya siswa harus sudah diregistrasikan keluar/mutasi keluar dari sekolah asal)

Cara mencari data siswa mutasi di sekolah asal

  1. Pilih nama PROPINSI dari sekolah asal, 
  2. Pilih nama KABUPATEN/KOTA dari sekolah asal, 
  3. Pilih sekolah asal dengan mengetikkan NPSN Pilih Nama Siswa , 
  4. Klik PILIH SISWA
  5. Setelah proses tersebut, maka data siswa akan masuk ke daftar antrian Operator Dinas Pendidikan Kab/Kota, pada menu PENGAJUAN NISN >>> BERDASAR MUTASI. Setelah di Approve data siswa akan kembali ke Menu Referensi Aktif

Langkah 2
B1 --- Jika data sekolah ditemukan, namun data siswa yang dimaksud tidak ditemukan, cukup klik PILIH SEKOLAH
B2 --- Jika data sekolah asal dan data siswa (kedua datanya) tidak ditemukan sama sekali, klik TIDAK DITEMUKAN

Setelah salah satu proses tersebut, maka data siswa akan masuk ke daftar antrian Operator Dinas Pendidikan Kab/Kota, pada menu PENGAJUAN NISN >>> PERMINTAAN SEKOLAH.

Setelah di Approve oleh Dinas maka data akan mengalir ke Vervalpd Pusat (PDSPK) . Hasil Approval akan kembali ke Menu Referensi Aktif
[update]

CARA CEK STATUS PENGAJUAN MUTASI

[/update]
Klik Menu STATUS PENGAJUAN MUTASI, maka akan tampil daftar Kemajuan Progres Data Peserta Didik pengajuan Mutasi.

Menu ini adalah hasil dari proses Klik Mutasi di menu BELUM MEMILIKI NISN

Data Mutasi yang sudah di setujui berada pada Menu Referensi Aktif
[update]

CARA CEK DATA INVALID/SALAH

[/update]
Klik Menu DATA INVALID

Daftar siswa yang ada di sini menampilkan data yang tidak valid, dilihat dari Data Dapodik.
Jika ada kesalahan dalam prosedur pengisian/entri data peserta didik di Dapodik, maka sistem VervalPD akan menginformasikan kesalahan tersebut melalui fitur ini.

Cek kembali di Dapodik dan perbaiki
Contohnya: ketidaklengkapan pengisian variabel data peserta didik, tanggal masuk sekolah untuk siswa mutasi tidak valid, kesalahan penentuan registrasi masuk rombel dan lain-lain.
[ads-post]
[update]

CARA EDIT DATA

[/update]

  1. Klik Menu EDIT DATA
  2. Pilih sub menu Pengajuan
  3. Pilih sub menu Nama & Tanggal Lahir

Data peserta didik yang sudah menjadi Referensi Aktif VervalPD masih bisa diajukan perubahan.
Variabel identitas yang bisa diajukan perubahan dari VervalPD meliputi:
Nama – Tempat Lahir – Tanggal Lahir – Jenis Kelamin – Nama Ibu Kandung
[update]

CARA MENGAJUKAN EDIT IDENTITAS

[/update]
  1. Klik tombol PILIH SISWA.
  2. Pilih data peserta didik yang akan di EDIT IDENTITAS-nya, lalu Klik tombol OK. (Edit Identitas peserta didik yang akan diajukan perubahan harus sudah menjadi data Referensi Aktif)
  3. Isikan Identitas baru sesuai dengan identitas yang tercantum di akte kelahiran peserta didik. Seluruh variabel identitas harus diisi lengkap meski hanya satu atau dua variabel saja yang sebenarnya akan diajukan perubahan.
  4. Lampirkan/upload scan Ijazah sesuai ketentuan.
    SCAN DOKUMEN
    Dokumen yang diijinkan berupa Akte kelahiran atau Surat Keterangan lahir, upayakan scan dari dokumen asli, file ekstensi JPG atau PNG, dengan ukuran maksimal file sebesar 1 MB (Megabytes).
  5. Klik tombol PENGAJUAN PERUBAHAN. Tombol Batal digunakan untuk menggagalkan proses pengajuan perubahan identitas.
    Setelah menekan tombol PENGAJUAN PERUBAHAN, maka data akan mengalir masuk ke daftar antrian Dinas untuk proses persetujuan admin Dinas Pendidikan tingkat Kab/Kota terkait. Operator Sekolah bisa mengecek sejauh mana proses pengajuannya (sudah disetujui/ditolak) melalui Status di fitur Edit Data VervalPD.
  6. PENGAJUAN PERUBAHAN IDENTITAS
    Tombol indikator dokumen perubahan harus berwarna hijau, agar pengajuan perubahan bisa diajukanke Dinas. Jika indikator berwarna merah berarti file yang diupload terlalu besar atau bentuk fileekstensi tidak sesuai
[update]

CARA CEK STATUS EDIT DATA

[/update]
STATUS EDIT DATA
Menampilkan informasi terkait pengajuan perubahan (EDIT DATA) yang telah diajukan Operator
Sekolah. Melihat sejauh mana pengajuan perubahannya, sudah berhasil diajukan atau belum, kapan
diajukan, sudah disetujui atau belum, kapan disetujui/ditolak, atau pun ditolak dengan alasan apa.
[update]

FAQ Pertanyaan yang paling banyak ditanyakan

[/update]
  1. Kenapa data siswa hilang setelah Operator Sekolah menyelesaikan proses pengajuan mutasi?
    Jawab:
    Data siswa memang akan hilang sementara saat dalam antrian proses persetujuan/approval di Dinas Pendidikan Kab/Kota dan PDSPK. Sejauh mana proses pengajuan mutasi tersebut bisa Operator Sekolah kroscek di menu Status Pengajuan Mutasi.
  2. Apa yang harus dilakukan Operator Sekolah setelah proses mutasi sudah selesai diajukan dan data siswa sudah hilang dari menu Belum Memiliki NISN?

    Jawab :
    Cek menu Status Pengajuan Mutasi untuk mengetahui pengajuan mutasi sudah disetujui atau belum. Jika belum, segera konfirmasi ke Dinas Pendidikan Kab/Kota (Operator Dinas), bawa serta dokumen mutasi siswa untuk proses verifikasi ulang oleh Operator Dinas (verifikasi dokumen secara langsung atau via media lainnya tergantung kebijakan Dinas masing-masing).
  3. Bagaimana jika NISN siswa mutasi hasil persetujuan mutasi (approve) oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota dan PDSPK tidak sesuai dengan NISN siswa tersebut di ijazah sebelumnya?
    Jawab:
    jika NISN hasil approval Dinas Pendidikan/PDSPK tidak sesuai dengan NISN siswa di ijazah sebelumnya, silakan Operator Sekolah mengajukan edit NISN melalui menu EDIT DATA / PENGAJUAN → NISN.
  4. Apa yang harus dilakukan oleh Operator Sekolah jika ada data siswa yang masuk ke menu Belum Memiliki NISN, tetapi status validasinya bukan “Mutasi Siswa” melainkan “Belum Memiliki NISN” padahal siswa tersebut adalah siswa mutasi?

    Jawab:
    Perbaiki data siswa melalui aplikasi Dapodik terlebih dahulu. Keluarkan data siswa tersebut dari rombel lalu masukkan lagi kedalam rombelnya, dengan memilih registrasi masuk : MUTASI. Simpan perbaikan lalu sinkronisasi ulang Dapodiknya. Tunggu 1 hari hingga status validasi siswa di aplikasi VervalPD berubah menjadi “Mutasi Siswa”. Setelah status validasi berubah, silakan Operator Sekolah memproses pengajuan mutasinya mulai dari Langkah 1 s/d 3.
Panduan VERVALPD Bagi Operator Sekolah Dasar (SD) tersedia dalam format pdf, silahkan download bagi anda yang membutuhkan menggunakan link di bawah ini:

| Panduan VERVALPD Bagi Operator Sekolah Dasar (SD)

| Panduan VERVALPD Bagi Operator Sekolah Dasar (SD)
Advertisement
Advertisement
Posting Komentar

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya.
1. Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik
3. Mohon untuk berkomentar 1 kali saja untuk topik yang sama.
4. Setiap komentar yang dikirim menunggu persetujuan Admin untuk di terbitkan.