5 Langkah Cek Data Guru Pada Dashboard GTK

5 Langkah Cek Data Guru Pada Dashboard GTK
Dashboard Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) menampilkan data agregat total data GTK yang bersumber dari Data Pokok Pendidikan (DAPODIK). DAPODIK merupakan sistem pendataan pendidikan online untuk pengelolaan data pendidikan nasional yang meliputi satuan pendidikan, peserta didik, Guru dan Tenaga Kependidikan yang dilakukan oleh unit utama (PAUDNI, DIKDAS, DIKMEN, dsb).

Data agregat GTK ditampilkan dalam bentuk grafik dan tabel sebagai data detailnya yang dirangkum berdasarkan wilayah (nasional, provinsi, kabupaten/kota). Besar harapan kami, dengan dibangunnya Dashboard GTK ini dapat memberikan gambaran umum keadaan data GTK.

Informasi Sumber Data

Instruksi Menteri Pendidikan Nasional No. 2 Tahun 2011 telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran di lingkungan kemdikbud untuk melakukan upaya pengumpulan data pokok pendidikan yang bersumber langsung dari satuan pendidikan tersebar di seluruh Indonesia. Wewenang pengumpulan data dilakukan oleh masing-masing unit utama Direktorat Jenderal, berkoordinasi dengan Pusat Data Dan Statistik Pendidikan Kebudayaan (PDSPK) dalam rangka integrasi data pendidikan Kemdikbud.

Penjaringan data dengan sistem pengumpulan data pokok pendidikan bersifat relasional dan longitudinal dengan mencakup 3 (tiga) entitas data pokok yaitu Satuan Pendidikan, Guru dan Tenaga Kependidikan, serta Peserta Didik.
[ads-post]

5 Langkah Cek Daftar Guru Pada Dashboard GTK


  1. Masuk laman Dashboard GTK
  2. Setelah masuk laman dashboard GTK, Klik Menu "
    Sebaran
    "
  3. Silahakan pilih Provinsi, Kabupaten/Kota, Jenjang pendidikan yang anda ining tampilkan. Kemudian Klik tombol "Tampil".
  4. Silahkan scroll ke bagian bawah sendiri, Anda akan menemukan daftar sekolah yang terdapat pada kabupaten/kota tersebut. Untuk melihat daftar guru yang aktif pada sekolah tersebut lihat pada kolom daftar guru, kemudian klik tulisan "lihat". Sedangkan untuk melihat detail sekolah silahkan anda menuju kolom NPSN dan "klik nomor NPSN" sekolah tersebut.
  5. Pada contoh gambar di bawah adalah tampilan jika anda melakukan klik pada tombol "Lihat", maka akan tampil daftar nama GURU pada sekolah tersebut.

Masukkan email anda.


Labels:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya.
1. Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik
3. Mohon untuk berkomentar 1 kali saja untuk topik yang sama.
4. Setiap komentar yang dikirim menunggu persetujuan Admin untuk di terbitkan.

[facebook][blogger]

Filenya.com

{google-plus#https://plus.google.com/+FilenyaCom/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget