USBN Akan Ujikan Hingga Semua Mata Pelajaran

USBN Akan Ujikan Hingga Semua Mata Pelajaran
okezone.com JAKARTA - Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) menjadi skema pengganti ujian nasional (UN). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy menjelaskan, dengan USBN kelulusan ditentukan oleh sekolah berbasis standar nasional, sedangkan pelaksanaannya secara desentralisasi.

"Pada USBN semua pelajaran akan diujikan, jadi siswa tidak hanya fokus pada pelajaran yang selama ini di-UN-kan," tuturnya dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR RI, Kamis (1/12/2016).

Selama ini, ucap Muhadjir, sekolah cenderung mengutamakan mata pelajaran yang diujikan pada UN, dan kurang memperhatikan mata pelajaran lainnya. Hal ini berimplikasi pada sikap siswa kepada guru-guru di luar mata pelajaran UN tersebut.

"Standar nasional sekarang belum optimal karena yang diujikan dalam UN hanya beberapa pelajaran. Dengan USBN maka akan dilakukan untuk semua pelajaran," sebutnya.

Muhadjir mengungkapkan, meski dilakukan secara desentralisasi, rencananya pusat akan menyumbang beberapa soal sebagai alat ukur standar nasional. Sedangkan sisanya diserahkan pada KKG dan MGMP.

Di sisi lain, beberapa anggota komisi X DPR RI menilai, USBN perlu dikaji ulang. Pasalnya, ujian seluruh mata pelajaran justru bisa semakin membebani siswa. Sementara waktu pelaksanaan ujian tinggal beberapa bulan lagi. (Okezone)

Masukkan email anda.


Labels:

Post a Comment

Iya, jgn semua materi dong -_-"

Terima kasih atas kunjungannya.
1. Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik
3. Mohon untuk berkomentar 1 kali saja untuk topik yang sama.
4. Setiap komentar yang dikirim menunggu persetujuan Admin untuk di terbitkan.

[facebook][blogger]

Filenya.com

{google-plus#https://plus.google.com/+FilenyaCom/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget