no fucking license
Bookmark

5 Tips Mudah Mengatasi Anak yang Kecanduan Game

Advertisement
Jakarta - Mengatasi anak yang sudah terlanjur kecanduan game, memang tak mudah. Diperlukan kerja sama antara sekolah dan orang tua agar anak terbebas dari kecanduan. “Model kerja sama bisa dilakukan dengan cara memberikan workshop mengenai gaming addiction agar orang tua dapat mengenal tanda-tanda kecanduan game dan menciptakan lingkungan yang lebih kondusif,” kata Brenton Hall, Principal of AIS Indonesia.

Brenton menyontohkan, siswa diajak berkomitmen untuk menghabiskan lebih banyak waktu melakukan aktivitas sehat seperti olah raga, menggambar, membaca buku dan sebagainya. “Di sekolah, AIS juga memiliki Psikolog dan Konselor di sekolah yang bisa dihubungi oleh orang tua jika siswa memerlukan bantuan khusus,” katanya.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk mengurangi kecanduan online, kata Brenton, diantaranya adalah :
[ads-post]
  1. Menunjukkan ketertarikan pada kegiatan si anak, contohnya dengan mencoba memahami daya tarik dari games online yang dimainkan oleh anak.
  2. Membatasi akses internet dengan sehat– mematikan WIFI pada jam tertentu
  3. Menerapkan aturan kepada semua anggota keluarga untuk tidak menggunakan gadget pada jam tertentu, seperti saat makan, atau waktu keluarga.
  4. Menerapkan peraturan “matikan semua layar, termasuk TV, 30 menit sebelum tidur”
  5. Menyampaikan ke pihak sekolah untuk membantu mendukung pembatasan penggunan games online.
Advertisement
Advertisement
Posting Komentar

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya.
1. Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik
3. Mohon untuk berkomentar 1 kali saja untuk topik yang sama.
4. Setiap komentar yang dikirim menunggu persetujuan Admin untuk di terbitkan.