PEDOMAN PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-88 TAHUN 2016

PEDOMAN PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-88 TAHUN 2016
PEDOMAN PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-88 TAHUN 2016

PEDOMAN PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-88 TAHUN 2016

Salam sejahtera bagi kita semua, berita hari ini adalah PEDOMAN PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-88 TAHUN 2016, berita ini diharapkan dapat memberikan informasi dan inspirasi tentang pendidikan di Indonesia. Silahkan baca selengkapnya di bawah ini.

TEKS SUMPAH PEMUDA
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.


Tiga kalimat monumental, berejaan Van Ophuysen tersebut, merupakan keputusan Kongres Pemuda Indonesia Kedua yang diselenggarakan di Batavia (Jakarta), tanggal 27-28 Oktober 1928. Ikrar dimaksud, hasil kongres yang dipimpin Soegondo Djojopoespito, beliau berusia 23 tahun, seolah-olah meneguhkan spirit untuk meraih kemerdekaan suatu bangsa. Walaupun kita tahu, dalam goresan sejarah, kebebasan dari kolonialisme itu baru diraih 17 tahun kemudian.

Semangat membara barisan muda, telah meletakkan fondasi komunitas beribu pulau dalam balutan “Indonesia”. Konsep nation state yang dibayangkan, dikemas dengan ketegasan untuk menjunjung hanya satu lingua franca, bahasa Indonesia. Adapun kata “Indonesia” sendiri, telah berpuluh tahun melekat dengan empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

Visi pemuda 88 tahun yang lalu, masih terasa ketangguhan makna yang sarat dengan kebersamaan dalam mengusung semangat anti kolonialisme. Sejatinya, ikrar Sumpah Pemuda merupakan kristalisasi semangat untuk menegaskan citacita berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Buku Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-88 Tahun 2016 berupaya merangkum suasana batin nasionalisme tersebut di atas. Walaupun tidak bisa ditafsirkan secara utuh, namun melalui serangkaian kegiatan yang digelar dapat menggambarkan suasana saat itu.

Puncak peringatan HSP ke-88 Tahun 2016 diselenggarakan di Kota Palangkaraya Provinsi Kalimantan Tengah, pada hari jum’at tanggal 28 Oktober 2016. Pedoman ini menjadi panduan dan dasar rujukan bagi seluruh panitia penyelenggaraan peringatan HSP ke-88 Tahun 2016 di seluruh Indonesia dan perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri.

Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, melindungi kita semua agar semangat Sumpah Pemuda senantiasa menginspirasi setiap pemuda dan segenap pemangku kepentingan dalam melayani pemuda.

| PEDOMAN PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-88 TAHUN 2016

Masukkan email anda.


Labels:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya.
1. Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik
3. Mohon untuk berkomentar 1 kali saja untuk topik yang sama.
4. Setiap komentar yang dikirim menunggu persetujuan Admin untuk di terbitkan.

[facebook][blogger]

Filenya.com

{google-plus#https://plus.google.com/+FilenyaCom/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget