no fucking license
Bookmark

KUMPULAN TEKS NASKAH PIDATO HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER

Advertisement
KUMPULAN TEKS NASKAH PIDATO HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER

KUMPULAN TEKS NASKAH PIDATO HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER

Salam sejahtera bagi kita semua, berita hari ini adalah KUMPULAN PIDATO HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER, berita ini diharapkan dapat memberikan informasi dan inspirasi tentang pendidikan di Indonesia. Silahkan baca selengkapnya di bawah ini.

1. KUMPULAN PIDATO HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER

Selamat Pagi
Yang Terhormat kepada Bapak Kepala Sekolah serta Bapak Ibu Guru dan teman teman sekalian yang saya sayangi.

Pertama tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Berkat Rahmat dan Hidayahnya, sehingga kita dapat berkumpul di sini dalam Peringatan Hari Pahlawan Nasional Indonesia dan dalam keadaan sehat wal afiat. Tak lupa juga Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

Hadirin Yang berbahagia.
Hari Pahlawan adalah Peristiwa Sejarah Pertempuran Indonesia yang terjadi pada tanggal 10 November 1945, Peristiwa ini di peringati karena untuk mengenang kembali jasa Pahlawan Kita. Pahlawan Indonesia telah berjuang mempertaruhkan jiwa, raganya serta hartanya untuk kemerdekaan Indonesia.

Kemerdekaan bangsa ini tercapai karena rakyat Indonesia mempunyai semangat perjuangan yang sangat tinggi. Tanpa semangat perjuangan yang sangat tinggi, kita yakin kemerdekaan bangsa ini tidak akan tercapai. Selamanya rakyat Indonesia akan hidup dibawah penindasan penjajah.

Para penjajah negeri kita bermaksud menguasai pemerintahan dan mengeruk kekayaan bangsa ini. Berbagai cara mereka lakukan. Para penjajah itu memaksa rakyat Indonesia bekerja lewat kerja rodi dan romusa. Tanpa upah mereka harus bekerja keras. Bahkan, tanpa makan yang cukup. Oleh karena itu, banyak rakyat Indonesia yang meninggal pada saat kerja rodi dan romusa.

Hal lain yang perlu kita teladani yaitu .Kita sebagai generasi muda harus tangguh seperti Pahlawan kita yang tangguh untuk menggapai cita cita mereka. Mereka mau belajar untuk mecapai cita-cita mereka. Para pahlawan tidak hanya mencucurkan keringat tetapi juga dengan segenap jiwa mereka untuk kemerdekaan Indonesia. Namun mereka tetap teguh berjuang membela negara dan mempertahankan prinsip mereka.

Semangat rela berkorban para pejuang kita yang begitu besar itu patut kita teladani juga.

Sudah saatnya generasi muda di kenalkan kembali kepada nilai-nilai kepahlawanan yang sudah mulai luntur dan tidak berarti lagi. Dengan mengenal para pahlawan maka kita pun akan di ajarkan untuk membangun kembali sikap kepahlawanan, patriotisme dan nasionalisme. Lihatlah mereka yang telah berhasil, mereka telah menunjukkan bahwa cita-cita mereka bukanlah hal yang mustahil.

Teman teman sekalian

Semoga Pidato ini dapat membuat kita lebih tangguh dan semangat untuk menjadi penerus bangsa kita. Berjalan selaras untuk meneruskan perjuangan para pahlawan mencapai cita – cita bangsa, yaitu Indonesia yang lebih baik kedepannya. Kita sebagai generasi penerus harus senantiasa mendoakan arwah para pahlawan agar diterima disisi Tuhan Yang Maha Esa. Semoga bangsa ini senantiasa dalam lindungan-Nya, tetap dikaruniai kemerdekaan dan persatuan. amiin.

Sekian pidato yang dapat saya sampaikan, apabila ada kekurangan saya mohon maaf.

2. KUMPULAN PIDATO HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER

Hadirin yang saya hormati.
Pada kesempatan yang baik ini marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas limpahan rahmat, ni’mat dan taufiq serta hidayah-Nya yang telah diberikan kepada kita sehingga pada kesempatan hari ini kita dapat berkumpul dan berjumpa pada acara peringatan Hari Pahlawan 10 November.

Hadirin yang berbahagia.
Pidato yang akan saya sampaikan kali ini adalah pidato tentang Hari Pahlawan yang bertepatan pada tanggal 10 November hari ini. Dimana peristiwa tersebut terjadi di Surabaya yang setiap tahun kita peringati.

Dalam memperingati hari pahlawan ini marilah kita isi dengan pembangunan baik rohani maupun jasmani dan juga kita isi dengan hal-hal yang bermanfaat bagi masyarakat dan juga negara Indonesia. Kita juga harus mentaati peraturan pemerintah dan tunduk pada negara.

Hadirin yang saya hormati.
Tentang tunduk dan taat pada negara adalah suatu kewajiban bagi warga negara baik dalam keadaan menyenangkan maupun menyusahkan selama tidak merusak aturan.
Dalam urusan taat kepada pemimpin kita tidak boleh memandang kepada orangnya hingga diumpamakan pemimpin itu adalah seorang yang tidak tepat untuk memimpin.

Hadirin yang saya hormati.
Demikianlah pidato singkat yang bisa sampaikan, semoga kita dapat terus memperingati dan tidak akan lupa dengan jasa-jasa para pahlawan kita yang sudah mendahului kita. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat bagi kita semua dan apabila ada salah-salah kata mohon dimaafkan.

3. KUMPULAN PIDATO HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER

selamat siang dan salam sejahtera bagi kita semua

Kepala sekolah,Bapak, dan ibu guru yang saya hormasti
para tamu undangan yang saya hormasti,
Temana – temanku yang saya cintai.

Hadirin Bangsa dan setanah air.
Pertama, saya selaku ketua panitia peringatan hari pahlawan mengajak para hadirin  untuk bersyukur kepada TUhan Yang Maha Esa. Pada hari ini, atas karunia dan rahmat nya,kita dapat berkumpul untuk memperingati hari pahlawan.
Kedua, saya, mewakili teman-teman ingin menyampaikan terima kasih kepada pahlawan tanpa tanda jasa, yaitu kepala sekolah,bapak dan ibu guru sekalian. Selama ini,mereka telah mendidik kami dengan penuh kesabaran dan pengertian.
Ketiga, selaku wakil panitia,saya mohon maaf jika ada kekurangan dalam penyelangaraan acara ini.

Hadirin sebangsa dan setanah air,
Pada hari ini, 10 november 2015, kita memperingati hari pahlawan . Seperti kita ketahui bersama, selama 350 tahun bangsa kita di jajah oleh belanda. selama itu pula kita berperang. Banyak patriot bangsa yang gugur di medan perang.Puncaknya adalah pada 10 november 1945 di surabaya. Dengan bekala semangat yang menggelora,  dan keberanian yang menyala – nyala..

Hadirin yang mulia.
marilah  kita berdoa agar arwah para pahlawan kita di terima di sisi-Nya dan tetaplah meneladani semangat mereka demi bangsa iini.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan . saya mengucapakan terima kasih atas terselengaranya acra ini. saya mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenaan di hati.

Akhir kata , saya ucapakan  selamat menikmati acara selanjutnya.

4. KUMPULAN PIDATO HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER

Salam sejahtera untuk kita semua, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melimpahkan berkah serta rahmat-Nya kepada kita semua yang hadir diruangan ini.

Yang terhormat Ibu Kepala Sekolah,
Yang saya hormati guru-guru,
Serta teman-teman dan adik-adik yang saya sayangi dan saya banggakan.

Tak lupa pula shalawat serta salam selalu kita haturkan kepada nabi besar kita nabi Muhammad SAW yang selalu kita harapkan syafaatnya di yaumil akhir.

Pada pagi yang cerah ini kita masih diberikan usia yang panjang untuk melakukan aktivitas yang bermanfaat, selain itu hari ini tanggal 10 november bertepatan dengan hari Pahlawan. Dimana pada hari Pahlawan ini merupakan hari yang bersejarah tidak hanya bagi kita sebagai masyarakat, namun juga bagi seluruh Bangsa Indonesia. Pada hari yang baik ini, marilah kita menengok kembali sejarah perjuangan para pahlawan kita.

Seperti yang kita ketahui bahwa kemerdekaan bangsa kita tidak didapat dari hasil pemberian melainkan perjuangan. Apakah kalian masih mengingat berapa lama kita hidup dibawah tekanan penjajahan Jepang dan Belanda? Itu saja sudah cukup mengingatkan kita betapa berat penderitaan bangsa Indonesia pada zaman penjajahan dulu.

Sekarang mari kita bayangkan, dalam kurun waktu yang sangat lama jika tidak ada para pahlawan yang rela mengorbankan pikiran, tenaga, harta, serta nyawa mereka, Apakah Bangsa kita ini akan menghirup Aroma Kebebasan dan merasakan Kemerdekaan yang mutlak seperti hari ini? Mereka melawan para penjajah dengan berbagai cara, dari bergerilya hingga yang terang-terangan. Setelah semua yang telah kita ketahui mengenai perjuangan para pahlawan kita, apakah yang hendaknya kita lakukan?

Bersyukurlah kita karena hal tersebut sudah lebih dulu dilakukan oleh pemerintah kita dengan menetapkan hari ini, 10 November sebagai hari Pahlawan dan tugas kita kini adalah menjaga bangsa ini agar tidak lagi mengalami penjajahan secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan, menjaga kesatuan dan persatuan serta kedaulatan bangsa kita. Tak lupa pula untuk selalu menyertakan do’a untuk para pahlawan kita agar arwahnya diterima disisi-Nya.

Sebelum saya menutup pidato ini, marilah kita teriakkan dengan segenap jiwa raga kita “MERDEKA”…

Semoga bangsa kita ini senantiasa dikaruniai kemerdekaan yang abadi dan kita semua selalu dalam lindungannya. Aamiin..

Sekian pidato saya, maaf atas segala kekurangan dan kepada Allah saya mohon ampun.

5. KUMPULAN PIDATO HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER


Saudara-saudara Dalam kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan pidato berjudul Hari Pahlawan pidato ini bertujuan mengingatkan kita bahwakepahlawanan, patriotisme dan nasionalisme sangat penting dalammengembangkan negara kita. Tanpa sikap tersebut, maka mustahil bagikita untuk membuat negara kita bertahan hidup.

Saudara-saudara, setiap tahun kita memperingati Hari Pahlawan tanggal10 November. Ini adalah refleksi negara kita dalam menghargai sejarahmasyarakat indonesia dalam memperjuangkan melawan penjajahan. HariPahlawan juga menunjukan bahwa para pendahulu kita telah segalasesuatu dikorbankan untuk membangun negara ini.Hari Pahlawan diambil dari sejarah pertempuran di Surabaya.

Itu ketikaorang-orang kita melawan Belanda dan pasukan sekutu dengan tujuan perjuangan Kemerdekaan Indonesia. Sebagai memori pertempuran, 10 November kemudian dirayakan setiap tahun sebagai Hari Pahlawan.Pertempuran di Surabaya adalah salah satu pertempuran yang terjadi dinegara kita selama memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Merekamengorbankan segalanya, termasuk darah mereka dan kehidupan.

Mereka berdedikasi, kepahlawanan mereka, patriotisme dan nasionalisme untuk negara ini.Ada pepatah: Negara besar adalah negara yang menghargai semua pahlawan-nya. Kita sering mendengar tentang hal itu. Kita tahu bahwatanpa pengorbanan pahlawan, tidak akan ada negara ini. KemerdekaanIndonesia tidak diberikan oleh kolonialis tersebut.Saudara-saudaraSaat ini kita hidup di negara kemerdekaan. Tidak ada lagi pertempuranmelawan penjajah. Tapi, itu tidak berarti bahwa kita berhenti berjuang.Ada banyak jenis perjuangan yang harus kita lakukan.

Berjuang melawankorupsi, kolusi dan nepotisme adalah beberapa contoh perjuangan. Kitaharus tetap semangat kepahlawanan, patriotisme dan nasionalisme dinegara berkembang ini. Itu lah cara kita menghargai pahlawan kita.Saudara-saudaraSaya pikir itu semua pidato saya. Mari kita terus semangati pahlawankita, mari kita lanjutkan perjuangan. Terus berjuang …. untuk negara kita,untuk masa depan yang lebih baik!Terimakasih atas perhatian anda.

Yang terhormat ibu kepala sekolah atau perwakilannya, yang saya hormati ibu dan bapak guru, yang saya hormati staff tata usaha dan yang saya banggakan teman teman sekalian. Puji syukur kita panjatkan ke hadirat ALLAH SWT yang telah mencurahkan rahmat dan hidayah sehingga kita dapat berkumpul di lapangan ini. Tak lupa junjungan kepada nabi besar Muhammad SAW beserta sahabat-sahabatnya dan pengikutnya hingga akhir hayat

Teman-teman sekalian yang saya banggakan, pada hari ini kita melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka hari pahlawan. Mungkin kita akan bertanya Tanya mengapa hanya tanggal 10 November yang di jadikan hari pahlawan ? karena pada saat itu pahlawan pahlawan kemerdekaan replubik Indonesia sedang melawan belanda di Surabaya. Pahlawan itu adalah bung tomo. Ia pahlawan yang gigih, tegas dan berwibawa. Sejarah pada tanggal 10 november juga adalah waktu ketika bendera belanda di sobek dan di jadikan bendera Indonesia

Teman-teman sekalian yang saya banggkan, pahlawan pahlawan tersebut lah yang menjadi suri tauladan bagi kita sang penerus bangsa. Walaupun globalisasi telah mendunia tetapi budaya Indonesia masih tetap. Yang displin, tekun, sabar, dan selalu mentaati peratuan yang ada. Kita sebagai penerus bangsa harus mengikuti kebajikan kebajikan yang telah di lakukan oleh pahlawan kita, tidak harus dengan mengangkat senjata dan turun ke medan perang. Tetapi untuk tidak bertawuran, karena tawuran bukanlah budaya kita, budaya kita adalah saling menghormati satu sama lain. Tidak juga dengan melompati dinding sekolah, itu bukan budaya kita, budaya kita adalah tertib dan displin.

Teman-teman sekalian yang saya banggakan, waktu demi waktu terus berjalan, dan sudah terasa lama kita merdeka. Tetapi mengapa kita selalu mengikuti budaya penjajah. Indonesia harus bangkit dari penjajah penjajah masa lalu ataupun sekarang yang seperti para koruptor dan lain lain. Kita yakin kan bersama bahwa Indonesia bisa !

Mungkin demikian amanat yang bisa saya sampaikan, kebeneran ada di ALLAH dan kesalahan ada di saya. Mohon maaf bila ada kesalahan-kesalahan kata

wabillahitauqfiq walhidayah,

6. KUMPULAN PIDATO HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER

Yang terhormat Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Ceramah Pidato,

Yang saya hormati Bapak Ibu Guru SMP Negeri 1 CeramahPidato, dan teman-temanku yang berbahagia.

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. atas rahmat dan hidayah Beliau kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat. Tak lupa solawat serta salam selalu kita curahkan kepada nabi kita Muhammad SAW.

Bapak Ibu yang saya hormati dan teman-temanku yang berbahagia

Hari ini tanggal 10 November 2014 bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan Nasional. Jika kita ingat hari ini, 69 Tahun yang lalu para pahlawan khususnya rakyat Jawa Timur yang dipimpin Bung Tomo beserta arek-arek Surabaya berjuang mati-matian melawan sekutu.

Berbekal kebenaran dan keadilan serta semangat untuk mempertahankan kemerdekaan, arek-arek Surabaya bertempur pantang menyerah. Di luar dugaan sekutu bahwa perlawanan melawan Surabaya bisa ditaklukkan dalam waktu tiga hari. Namun nyatanya pelopor muda Bung Tomo sangat berpengaruh dalam menggerakkan semangat untuk melawan sekutu. Meskipun arek-arek Surabaya berbekal senjata yang minim, tapi mampu menciptakan neraka bagi pasukan sekutu. Setidaknya dari perlawanan berdarah itu menewaskan 6000-16.000 pejuang Indonesia dan 200.000 rakyat sipil mengungsi dari Surabaya. Sedangkan 600-2.000 tentara sekutu tewas terbunuh. Tewasnya Brigjen Mallaby juga sempat menggemparkan dunia, tapi mengenai siapa yang membunuh masih menjadi tanda tanya besar hingga saat ini. Apakah oleh orang Indonesia atau dari pihak sekutu sendiri. Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat sipil yang menjadi korban pada 10 November ini kemudian dikenal sebagai Hari Pahlawan oleh Republik Indonesia hingga sekarang.

Bapak Ibu yang saya hormati dan teman-temanku yang berbahagia

Dari peristiwa itu, kini kita dapat merasakan kebebasan dari penjajah. Kita tidak perlu lagi bersusah payah untuk berperang mati-matian. Bangunan besar yang berdiri dimana-mana, seperti halnya sekolah kita yang megah ini dapat menunjukkan bahwa semua ini hasil dari perjuangan para pahlawan. Seandainya tak ada pahlawan mungkin kita semua belum bisa bersekolah seperti sekarang ini.

Kita sebagai bangsa Indonesia yang sudah merdeka harus mengingat jasa para pahlawan. Yang saya maksudkan bukan hanya mengingat tapi juga melanjutkan perjuangan para pahlawan. Kita tidak perlu membawa senjata kemudian perang hingga mati. Yang dimaksudkan disini dalam melanjutkan perjuangan para pahlawan yaitu kita sebagai pelajar harus belajar semaksimal mungkin. Sedangkan saat kita dihadapkan dengan kemiskinan, korupsi, kolusi, dan nepotisme melanda bangsa. Kurangnya tanggung jawab dan kesadaran diri masyarakat juga termasuk masalah besar yang melanda bangsa kita.

Bapak Ibu yang saya hormati dan teman-temanku yang berbahagia

Dalam memperingati hari pahlawan ini kita harus tetap menghargai dan menghormati jasa pahlawan, mensyukuri perjuangan para pahlawan serta tanggung jawab moral terhadap perjuangan. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya.

Sekian pidato yang saya sampaikan. Terimakasih atas perhatian bapak ibu dan teman-teman. Apabila dalam pidato saya terdapat hal-hal yang kurang berkenan saya mohon maaf. Saya akhiri,

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

7. KUMPULAN PIDATO HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER

Selamat pagi Bapak/Ibu Guru dan teman-teman sekalian. Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya. Untuk kesempatan ini, saya hendak menyampaikan tentang nilai-nilai kepahlawanan yang sudah mulai luntur.

Pahlawan merupakan sosok figur yang selalu di eluk-elukan masyarakat. Mereka yang dianggap pahlawan adalah mereka yang telah berjuang demi kepentingan masyarakat banyak. Pahlawan bukan selalu berarti mereka yang berpartisipasi dalam peperangan mencapai kemerdekaan. Pahlawan dapat juga berarti mereka yang telah berjasa besar. Sebagai contohnya adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang di kenal sebagai guru.

Pahlawan adalah sosok teladan yang acap kali memberikan inspirasi hidup kepada kalayak banyak. Sosok keteladanan mereka dapat membekas di dalam hidup seseorang seumur hidupnya. Generasi muda saat ini sudah sangat kehilangan sosok kepahlawanan. Mereka sudah tidak lagi mengerti dan mengenal nilai-nilai kepahlawanan. Generasi sekarang lebih cenderung di ajarkan hal-hal yang bersifat hedonism dan induvidualis tanpa mementingkan kepentingan orang lain ataupun sesamanya.

Hal yang sangat berharga dalam kepahlawanan adalah persatuan dalam solidaritasnya. Para pahlawan bersatu dari berbagai macam golongan, bersama-sama berjuang untuk mencapai cita-cita merdeka. Marilah kita tengok perjuangan di saat masa-masa kemerdekaan, para pahlawan banyak sekali yang kekurangan pangan, sandang bahkan papan. Namun masyarakat di kala itu lebih saling tolong menolong. Mereka yang kuat membantu yang lemah. Tidak ada pertentangan agama ataupun kesukuan. Di saat itu mereka semua bersatu padu melawan penjajah.

Hal ini sangatlah berbeda dengan tercapainya kemerdekaan. Apakah memang kemerdekaan benar-benar tercapai? Akhir-akhir ini banyak sekali ancaman terhadap kehidupan beragama di Indonesia. Sepertinya masyarakat Indonesia sudah sangat ‘menganggur’ sampai mereka terlalu sering mencampuri urusan agama lain sehingga muncul gesekan-gesekan yang di manfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Banyak sekali terror bom yang terjadi di saat-saat hari raya ataupun di tempat ibadah tersebut sendiri. Bom Malam Natal, Bom di Cirebon, Bom di Serpong. Semua bom ini seakan –akan mengatakan bahwa bangsa Indonesia bukanlah bangsa yang berbhineka tunggal ika melainkan bangsa yang tunggal semata. Di manakah persatuan antar suku dan agama yang ada di saat masa-masa kemerdekaan, dimana masing-masing menghargai dan menghormati satu sama lain. Situasi dan kondisi yang berkembang di saat itu membuktikan bahwa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sudah luntur.

Hal kedua yang sangat kental dari seorang pahlawan adalah martabatnya. Seorang pahlawan akan membela kawan sebangsanya yang di tindas oleh bangsa lain. Mereka sangat menjaga harkat dan martabat bangsa Indonesia. Kemanakah nilai itu? Lihatah para tenaga kerja Indonesia yang disia-siakan di luar sana. Mereka mengalami penganiayaan tanpa ada hukum yang berpihak kepada mereka. Bahkan di saat mereka meregang nyawa dan sudah ada kasus pengadilan pun, keadilan tidak berpihak kepada mereka. Uang seakan-akan bisa menggantikan segalanya. Sedangkan jika kita lihat negara lain, ketika satu orang warga negara mereka saja di tawan, mereka sudah mempersipakan senjata perang untuk membelanya. Lalu bagaimana dengan negara kita?

Selain dua hal di atas, hal terakhir yang patut di tiru dari pahlawan adalah perjuangannya. Mereka berjuang bertahun-tahun untuk mencapai cita-cita mereka. Hal ini merupakan panutan yang baik bagi generasi muda agar mereka tangguh seperti pahlawan. Mereka mau belajar untuk mecapai cita-cita mereka. Hal ini memang sedikit kontras dengan generasi muda yang suka mencari jalan singkat, terutama dalam mencapai kelulusan ujian negara. Jika memang mereka semua mau berjuang keras maka para penjaja kunci jawaban UAN tidak akan laris manis di cari oleh para siswa. Para pahlawan tidak hanya mencucurkan keringat melainkan dengan lelah jiwa juga. Namun mereka tetap teguh berjuang membela negara dan mempertahankan prinsip mereka.

Sudah saatnya generasi muda di kenalkan kembali kepada nilai-nilai kepahlawanan yang sudah mulai luntur dan berarti lagi. Dengan mengenal para pahlawan kita maka kita pun akan di ajarkan untuk cerdik dalam mencapai cita-cita kita. Lihatlah mereka yang telah berhasil, mereka telah menunjukkan bahwa cita-cita mereka bukanlah hal yang mustahil.

8. KUMPULAN TEKS NASKAH PIDATO HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER

Assalamualaikum, wr. wb
Salam sejahtera bagi kita semua, semoga Tuhan selalu melimpahkan
berkat-Nya kepada kita semua.

Kepada Ibu Kepala Sekolah yang saya hormati,
Kepada Bapak dan Ibu guru yang saya hormati,
Serta teman-teman sekalian yang saya banggakan.

Pertama-tama marilah kita memanjatkan puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berkat dan rahmat-Nya kita dapat memperingati hari pahlawan. Hari pahlawan adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, pada kesempatan ini marilah kita bersama-sama menengok kembali sejarah perjuangan bangsa kita.

Apakah kalian semua tahu, Kemerdekaan yang kita nikmati sekarang ini adalah hasil perjuangan rakyat Indonesia. Mereka berjuang melawan penjajah dengan semangat rela berkorban yang tinggi. Mereka mempertaruhkan nyawa dan harta demi kemerdekaan bangsa kita. Sungguh luar biasa! Mereka berjuang tanpa pamrih. Beruntunglah kita, pemerintah menetapkan tanggal 10 November sebagai hari pahlawan. Kita diberi kesempatan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa.

Kemerdekaan bangsa ini tercapai karena rakyat Indonesia mempunyai semangat perjuangan yang tinggi. Tanpa semangat perjuangan yang tinggi, kita yakin kemerdekaan bangsa ini tidak akan tercapai. Selamanya rakyat Indonesia akan hidup dibawah penindasan penjajah. Para penjajah negeri kita bermaksud menguasai pemerintahan dan mengeruk kekayaan bangsa ini. Berbagai cara mereka lakukan. Para penjajah itu memaksa rakyat Indonesia bekerja lewat kerja rodi dan romusa. Tanpa upah mereka harus bekerja keras. Bahkan, tanpa makan yang cukup. Oleh karena itu, banyak rakyat Indonesia yang meninggal pada saat kerja rodi dan romusa.

Para hadirin! Semangat rela berkorban para pejuang kita yang begitu besar itu patut kita teladani. Kita harus bersyukur kepada Tuhan. Kita dapat menghirup udara kemerdekaan. Berkat para pejuanglah, negara ini terbebes dari penjajahan. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa berdoa agar arwah mereka diterima di sisi Tuhan.

Para hadirin sekalian! Marilah kita pekikkan ‘SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA”. Semoga bangsa ini tetap dikaruniai kemerdekaan dan persatuan. Kita semua selalu di bawah lindungan-nya. Amin.

Sekian pidato dari saya, apabila ada kesalahan ucapan atau apapun mohon dimaafkan.
Terima Kasih

9. KUMPULAN TEKS NASKAH PIDATO HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER

Selamat pagi Bapak/Ibu Guru dan teman-teman sekalian. Puji syukur saya ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berat dan rahmatNya kita dapat berkumpul di ruangan ini, saya juga mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya. Untuk kesempatan ini, saya akan menyampaikan pidato tentang hari pahlawan.

Setiap tahun kita memperingati Hari Pahlawan tanggal 10 November. Ini adalah refleksi negara kita dalam menghargai sejarah masyarakat Indonesia dalam memperjuangkan melawan penjajahan. Tanpa sikap kepahlawanan, patriotisme dan nasionalisme maka mustahil bagi kita untuk membuat negara kita bertahan hidup.

Teman-teman sekalian

Pahlawan merupakan sosok figur yang selalu di banggakan masyarakat. Mereka yang dianggap pahlawan adalah mereka yang telah berjuang demi kepentingan masyarakat banyak. Sosok keteladanan mereka dapat membekas di dalam hidup seseorang seumur hidupnya. Generasi muda saat ini sudah sangat kehilangan sosok kepahlawanan. Mereka sudah tidak lagi mengerti dan mengenal nilai-nilai kepahlawanan. Generasi sekarang lebih cenderung bersifat induvidualis tanpa mementingkan kepentingan orang lain ataupun sesamanya.

Hal yang sangat berharga dalam kepahlawanan adalah persatuan dalam solidaritasnya. Para pahlawan bersatu dari berbagai macam golongan, bersama-sama berjuang untuk mencapai cita-cita merdeka. Marilah kita lihat perjuangan di saat masa-masa kemerdekaan, para pahlawan banyak sekali yang kekurangan pangan, sandang bahkan papan. Namun masyarakat di kala itu lebih saling tolong menolong. Mereka yang kuat membantu yang lemah. Tidak ada pertentangan agama ataupun kesukuan. Di saat itu mereka semua bersatu padu melawan penjajah.

Teman-teman sekalian

Hal lain yang patut di tiru dari pahlawan adalah perjuangannya. Mereka berjuang bertahun-tahun untuk mencapai cita-cita mereka. Hal ini merupakan panutan yang baik bagi generasi muda agar mereka tangguh seperti pahlawan. Mereka mau belajar untuk mecapai cita-cita mereka. Para pahlawan tidak hanya mencucurkan keringat tetapi juga dengan segenap jiwa mereka untuk kemerdekaan Indonesia. Namun mereka tetap teguh berjuang membela negara dan mempertahankan prinsip mereka.

Sudah saatnya generasi muda di kenalkan kembali kepada nilai-nilai kepahlawanan yang sudah mulai luntur dan tidak berarti lagi. Dengan mengenal para pahlawan maka kita pun akan di ajarkan untuk membangun kembali sikap kepahlawanan, patriotisme dan nasionalisme. Lihatlah mereka yang telah berhasil, mereka telah menunjukkan bahwa cita-cita mereka bukanlah hal yang mustahil.

Sekian pidato saya, mohon maaf jika ada salah-salah kata dan terima kasih.


10. KUMPULAN TEKS NASKAH PIDATO HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER

Assalamuallaikum Wr. Wb.

Yth. Kepala Sekolah SMAN 1 MAGETAN
Yang saya hormati Guru dan Staff TU
Teman – teman yang saya banggakan

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat karunia-Nya kita dapat dipertemukan disini dalam keadaan sehat walafiat. Shalawat serta salam kita curahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW, yang kita tunggu syafaatnya di yaumul akhir kelak.

Hadirin yang berbahagia, tanggal 10 November 68 tahun silam telah terjadi peristiwa yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. 68 tahun silam para pahlawan bangsa berjuang mempertahankan kemerdekaan dari agresi militer Belanda. Pada saat itu Belanda berkeinginan untuk dapat kembali menguasai NKRI. Di kota Surabaya pertumpahan darah tidak dapat terelakan lagi. Pada masa itu pahlawan bangsa yang hanya bersenjatakan bambu runcing dan senapan konvensional, harus melawan tentara Belanda dengan persenjataan dan taktik perang yang lebih modern.

Dibawah kepemimpinan Bung Tomo, para pahlawan bangsa terus memekikkan gema kemerdekaan. “Merdeka, Merdeka, Merdeka”. Semangat inilah yang menjadi senjata muthakir untuk mengusir penjajah dari bumi pertiwi ini. Semangat rela berkorban, tanpa pamrih, dan keberanian para pahlawan telah memproteksi diri mereka dari rasa keputus asaan. Mereka hanya yakin pada satu hal, yaitu jihad mereka akan diijabah oleh Allah SWT. Pada akhirnya semangat, keberanian, dan keyakinan mereka berhasil mengantarkan mereka pada sebuah kemenangan. Pasukan Belanda luluhlantak oleh semangat para pahlawan dan pasukan Belanda harus meninggalkan bumi pertiwi ini.

Hadirin yang berbahagia, semangat dan keberanian para pahlawan haruslah kita teladani. Keduanya harus menjadi sinergi, berjalan selaras untuk meneruskan perjuangan para pahlawan mencapai cita – cita bangsa, yaitu Indonesia yang lebih baik kedepannya. Kita sebagai generasi penerus harus senantiasa mendoakan arwah para pahlawan agar diterima disisi Tuhan Yang Maha Esa. Semoga bangsa ini senantiasa dalam lindungan-Nya, tetap dikaruniai kemerdekaan dan persatuan. amiin. “sekali merdeka! tetap merdeka!”

Sekian pidato yang dapat saya sampaikan, apabila ada kekurangan saya mohon maaf.

Wassalamuallaikum wr. wb
Advertisement
Advertisement
Posting Komentar

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya.
1. Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik
3. Mohon untuk berkomentar 1 kali saja untuk topik yang sama.
4. Setiap komentar yang dikirim menunggu persetujuan Admin untuk di terbitkan.