no fucking license
Bookmark

PEMANASAN GLOBAL PENGERTIAN PENYEBAB DAN DAMPAKNYA

Advertisement

Pengertian Definisi Pemanasan Global. 


Definisi secara umum, Pemanasan Global (Global Warming) adalah peristiwa meningkatnya suhu rata-rata pada permukaan bumi dan lapisan atmosfer. Menurut berbagai penelitian, saat ini suhu pada permukaan bumi sudah menunjukkan perubahan dan meningkat sangat tajam yaitu sekitar 0,6°C yang terjadi dalam satu abad terakhir. Peningkatan yang begitu kecil, namun dampak pemanasan global begitu besar bagi Bumi dan kehidupan di Bumi. Gejala dan tanda terjadinya pemanasan global dapat kita lihat dan rasakan. Gejala-gejala pemanasan global antara lain sering terjadinya angin puting beliung, pergantian musim yang sulit kita prediksi, terumbu karang yang memutih, banjir dan kekeringan di wilayah yang tidak biasa/tidak pernah mengalaminya.

Ciri Penyebab (Global Warming) Pemanasan Global

Banyak para ahli yang berpendapat mengenai penyebab dan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya pemanasan global. Menurut para ahli pemanasan permukaan Bumi ini terjadi karena meningkatnya gas rumah kaca pada atmosfer yang merangkap panas, bahkan ada banyak lagi penyebab terjadinya pemanasan global yang perlu kita ketahui jika kita ingin memperbaiki atau menanggulangi hal tersebut. 

Contoh Penyebab Pemanasan Global sebagai berikut.
  • Efek Rumah Kaca : efek rumah kaca didefinisikan sebagai proses atmosfer dalam menghangatkan planet. efek rumah kaca terjadi akibat panas yang dipantulkan ke permukaan bumi dan terperangkap oleh gas di atmosfer, sehingga tidak dapat diteruskan ke luar angkasa, melainkan dipantulkan kembali menuju permukaan Bumi. Efek rumah kaca mempunyai manfaat bagi makhluk hidup di Bumi, namun  jika berlebihan berbahaya bagi kehidupan di Bumi karena dapat mengganggu dan mempengaruhi iklim. 
  • Gas Rumah Kaca Meningkat: Gas memiliki sifat yang menangkap panas, akibatnya panas yang terpantul dari permukaan bumi tidak dapat diteruskan. Gas yang paling berperan adalah karbon dioksida/(CO2). penyebab banyaknya karbon dioksida adalah proses pembakaran bahan bakar batu bara, proses pembakaran minyak bumi, proses pembakaran gas alam. 
  • Penggunaan CFC yang Berlebihan dan Tidak Terkontrol : CFC disebut juga Cloro Flour Carbon adalah bahan kimia yang digabungkan menjadi sebuah bahan baku untuk memproduksi peralatan, yang di khususkan pada peralatan rumah tangga. CFC terdapat pada kulkas dan AC. 
  • Polusi Kendaraan pengguna bahan bakar bensin : Kendaraan memberikan penyebab terbesar dalam terjadi pemanasan global. Polusi yang diakibatkan kendaraan yang menggunakan bahan bakar bensin seperti motor, mobil atau kendaraan lainnya, yang dimana dari hasil proses pembuangannya menghasilkan karbon dioksida/CO2 yang berlebihan. Gas karbon dioksida/CO2 merupakan faktor utama penyebab terjadinya pemanasan global karena gas karbon dioksida/CO2 adalah gas yang memerangkap panas sehingga panas tidak dapat keluar ke angkasa. 
  • Polusi Metana oleh Perkebunan, Pertanian dan Peternakan : sebagai penyebab utama terjadinya pemanasan global, gas metana menempati urutan kedua. Gas metana bisa berasal dari bahan-bahan organik yang kekurangan oksigen/O2 dari hasil pemecahan bakteri, contohnya di persawahan, sedangkan pada peternakan adalah seperti usus hewan ternak, dengan bertambaha banyaknya produksi hewan ternak maka meningkatnya pula gas metana yang dilepaskan ke permukaan bumi. 
  • Perusakan Hutan : Hutan memiliki fungsi dalam menyerap karbon dioksida/CO2 dan mengeluarkan oksigen, jika hutan rusak akibat dari pembakaran dan penebangan, maka yang terjadi adalah jumlah karbon dioksida/CO2 yang diserap oleh hutan lebih sedikit, dan semakin banyak karbon yang terkumpul di atmosfer yang menyebabkan terjadinya pemanasan global. 
  • Pemboroson Energi Listrik: Energi listrik sangat banyak digunakan adalah untuk untuk pembakaran dari pembakaran minyak bumi dan batu bara, sehingga hasil pembakaran itu menghasilkan karbon dioksida 
  • Populasi Kendaraan yang Terus Meningkat: Meningkatnya jumlah kendaraan maka meningkat pula karbon dioksida yang dihasilkan dari kendaraan tersebut tentunya karbon dioksida akan bertambah banyak dan tentu saja bisa menimbulkan pemanasan global. 
  • Membakar Sampah Secara Berlebihan : Membakar sampah secara berlebihan yang dilakukan secara massal atau banyak, dapat menyebabkan terjadinya pemanasan global karena dari hasil pembakaran sampah adalah gas metana, yang dapat memerangkap panas. 
 

Dampak/Akibat Pemanasan Global

Pemanasan global mempunyai dampak/ akibat yang sangat luas sehingga tentunya memberikan pengaruh bagi kehidupan makhluk di bumi, terutama kehidupan manusia. Dampak/akibat pemanasan global tersebut adalah sebagai berikut:
  • Gunung es akan mencair 
  • Curah hujan akan meningkat dan badai akan sering terjadi
  • Air tanah akan cepat menguap yang akan menyebabkan kekeringan
  • Angin akan bertiup lebih kencang dengan pola yang berbeda-beda sehingga dapat membentuk angin puting beliung
  • Cuaca menjadi sulit diprediksi dan lebih ekstrem, baik itu kekeringan ekstrem atau hujan ekstrem
  • Kenaikan permukaan laut yang sangat banyak akan menyebabkan Tsunami, banjir dan banyak pulau akan tenggelam. 
  • Menyebabkan kekeringan di wilayah pertanian sehingga tanaman akan rusak 
  • Dapat mengakibatkan gagal panen yang diakibatkan oleh cuaca yang ekstem seperti terjadi banjir yang mengakibatkan tanaman pertanian akan terendam
  • Meningkatnya hama tanaman pangan akibat dari perubahan iklim 
  • Populasi hewan serta tumbuhan akan menurun 
  • Mewabahnya berbagai penyakit yang dapat menyerang manusia seperti demam berdarah, malaria. 
  • Meningkatnya kasus orang meninggal yang diakibatkan dari cuaca yang panas contohnya seperti jantung, stroke, dehidrasi, dan stress. 
Advertisement
Advertisement
Posting Komentar

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya.
1. Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik
3. Mohon untuk berkomentar 1 kali saja untuk topik yang sama.
4. Setiap komentar yang dikirim menunggu persetujuan Admin untuk di terbitkan.