Juklak PIP 2016 DIKDASMEN, PAUD

Juklak PIP 2016 DIKDASMEN, PAUD - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sesuai dengan tugas dan kewenangannya melaksanakan Program Indonesia Pintar dengan tujuan untuk meningkatkan akses bagi anak usia 6 sam

Juklak PIP 2016 DIKDASMEN, PAUD
Juklak PIP 2016 DIKDASMEN, PAUD

Juklak PIP 2016 DIKDASMEN, PAUD - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sesuai dengan tugas dan kewenangannya melaksanakan Program Indonesia Pintar dengan tujuan untuk meningkatkan akses bagi anak usia 6 sampai dengan 21 tahun untuk mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat satuan pendidikan menengah, dan mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah ( drop out ).

P I P diharapkan m ampu menjamin peserta didik dapat melanjutk a n pendidikan sampai t amat pendidikan m e nengah, dan m enar i k siswa putus sekolah atau tidak melanjutkan pend i dikan agar kembali mendapatkan layanan pendidikan. P I P bukan han y a bagi peserta didik di sekolah, namun juga b erlaku bagi peserta didik di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), dan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), a tau satuan pe n did i kan nonformal lainnya, sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

Hingga saat ini, di s parit as partisipasi s ekolah antar kelo m pok masyarakat masih cukup tinggi. Angka Partisipasi Kasar (APK) keluarga yang mam p u secara ekonomi s e cara umum lebih ting g i dibandingkan dengan APK keluarga tidak mampu. Salah satu alasannya adalah tingginya biaya pendidi kan baik bi a ya langsung maup u n tidak langsung y a ng ditanggung oleh peserta didik.

Biaya langsung pes e rta didik antara lain iuran sekolah, buku, seragam, d a n alat tulis, sem e ntara biaya tidak langsung yang ditanggung oleh peserta didik antara lain biaya tra nsportasi, kursus, uang saku dan biaya lai n - lain. T ingg i nya biaya pendidikan tersebut menyebabkan tingginya angka tidak m elanjutkan sekolah dan tingginya angka putus sekolah ( drop o u t ), sehing g a berpengaruh terhadap APK.

Peraturan Bersama Antara Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah dan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Nomor: 08/D/PP/2016 dan Nomor: 04/C/PM/2016 tentang Petunjuk Pelaksanaan Program Indonesia Pintar Tahun 2016 Selengkapnya download/unduh dokumen di sini:

| Juklak PIP 2016 DIKDASMEN, PAUD

Masukkan email anda.


Labels:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya.
1. Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik
3. Mohon untuk berkomentar 1 kali saja untuk topik yang sama.
4. Setiap komentar yang dikirim menunggu persetujuan Admin untuk di terbitkan.

[facebook][blogger]

Filenya.com

{google-plus#https://plus.google.com/+FilenyaCom/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget