no fucking license
Bookmark

Download DAPODIK-DAPODIKDASMEN 2018b, Panduan dan Prefil SD,SMP,SMA,SMK,SLB

Download Aplikasi Dapodik 2017 + Prefil

Download Aplikasi Dapodik 2018b+ Prefil SD,SMP,SMA,SMK,SLB

Yth. Bapak/Ibu,
  1. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
  2. Kepala Sekolah SD, SMP, SMA, SMK dan SLB
  3. Operator Dapodik
di Seluruh Nusantara


Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hari dimulainya proses pembelajaran di tahun pelajaran baru. Pergantian tahun pelajaran adalah momen besar bagi sekolah dimana sekolah telah meluluskan dan mengantarkan anak didiknya untuk menempuh pendidikan di jenjang berikutnya, juga telah melakukan proses kenaikan tingkat pada siswa-siswanya dan telah juga membuka proses penerimaan siswa baru. Sebuah pekerjaan besar yang akan terus berulang setiap tahunnya.

Semua proses periodikal yang dilaksanakan tersebut juga harus diikuti dengan melakukan proses dan pemutakhiran data pada sistem pendataan Dapodik, oleh karenanya pergantian tahun ajaran baru juga merupakan momen penting bagi pendataan Dapodik. Diawal tahun ajaran Operator Dapodik akan melakukan proses kelulusan, proses kenaikan kelas, memasukkan data siswa baru dan melakukan pemutakhiran terhadap seluruh data-data periodik.

Memasuki Tahun Pelajaran Baru ini Aplikasi Dapodik juga akan memasuki era baru, dimana akan dirilis Aplikasi Dapodik. Aplikasi Dapodik adalah pengembangan dan penggabungan dari Aplikasi Dapodik SD/SMP/SLB dan Aplikasi Dapodik SMA/SMK, jadi Aplikasi Dapodik dapat digunakan untuk sekolah jenjang SD, SMP, SLB, SMA dan SMK. Secara teknis Aplikasi Dapodik juga mendapatkan pengembangan dan perubahan yang cukup banyak, baik dari sisi tampilan, pengembangan prosedur Registrasi maupun penambahan fitur dan atribut-atribut data baru lainnya.

Guna mendukung kesuksesan dan kelancaran sekolah dalam melakukan pemutakhiran data menggunakan Aplikasi Dapodik ini, maka perlu dilakukan beberapa persiapan dan pemahaman agar proses update versi aplikasi maupun proses pemutakhiran data berjalan lancar. Berikut adalah beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh sekolah:

Aplikasi Dapodik SD,SMP,SMA,SMK,SLB, Formulir dan Panduan Aplikasi

1. Persiapan Komputer server
Sebagaimana diketahui bahwa pendataan Dapodik telah terintegrasi dengan berbagai system lain untuk melayani kebutuhan data transaksional di Lingkungan Kemendikbud. Maka aplikasi Dapodik harus senantiasa di update dan up grade dari sisi fitur dan teknologinya untuk memenuhi berbagai tuntutan tersebut. Maka dari itu dari sisi teknis kompleksitas Aplikasi Dapodik terus mengalami peningkatan, dimana hal ini menuntut spesifikasi teknis dari komputer yang cukup baik agar Aplikasi Dapodik dapat berjalan dengan optimal. Berikut adalah spesifikasi teknis yang disarankan:
     A. Spesifikasi perangkat keras yang diperlukan adalah:
  • Processor minimal Pentium Core Duo
  • Memory minimal 2 GigaByte
  • Storage tersisa minimal 400 MegaByte
  • CD/DVD drive jika instalasi melalui media CD/DVD
     B. Spesifikasi perangkat lunak yang diperlukan adalah:
  • Windows 7 32 & 64 Bit
  • Windows 8 32 & 64 Bit
  • Windows 8.1 32 & 64 Bit
  • Windows 10 32 & 64 Bit
  • Layar Monitor dengan resolusi minimal 1024 x 768
     C. Terpasang web Browser versi baru
  • Mozilla Firefox
  • Google Chrome
  • Opera
  • Comodo
  • UC Browser

2. Persiapan SDM, Kode Registrasi dan Akun Aplikasi Dapodik
Peran Operator Dapodik sangatlah penting sebagai pelaku utama operasional Aplikasi Dapodik. Bagi sekolah yang pada tahun pelajaran baru ini juga memiliki/menunjuk Operator Dapodik yang baru maka Kepala Sekolah diharapkan segera menerbitkan SK penugasannya. SK tersebut segera didaftarkan ke Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan(PDSPK) melalui laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id/.  Dengan SK penugasan tersebut operator dapat melakukan verifikasi dan validasi data pokok pendidikan. 

Pada Aplikasi Dapodik database nya telah dilakukan upgrade versi untuk mengakomodir perkembangan kebutuhan. Maka untuk menggunakan Aplikasi Dapodik sekolah yang sebelumnya menggunakan Aplikasi Dapodik SD/SMP/SLB dan Aplikasi Dapodik SMA/SMK versi 8.4.0 harus melakukan install ulang menggunakan Installer Dapodik dan melakukan registrasi ulang kembali. Terdapat pengembangan pada methodology registrasi pada Aplikasi Dapodik , yaitu dapat dilakukan secara Off Line dan On Line. Secara garis besar methode Off Line dilakukan dengan mendownload prefill sedangkan methode On Line registrasi dilakukan secara on line tanpa perlu mendownload prefill sebelumnya. Untuk keperluan registrasi ini maka Operator Dapodik harus menyiapkan:

A. Kode Registrasi
Siapkan Kode Registrasi aktif untuk sekolah masing-masing, kode registrasi akan diperlukan untuk melakukan download prefill atau registrasi on line. Untuk SMA dan SMK kode registrasi dapat dilihat pada laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id/. Sedangkan untuk SD, SMP dan SLB dapat meminta/menanyakan ke KKdatadik di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.

B. Akun Aplikasi Dapodik
Siapkan akun aplikasi Dapodik berupa user dan password yang telah diregistrasikan pada aplikasi Dapodik versi sebelumnya (Dapodik SD/SMP/SLB dan Dapodik SMA/SMK) dan telah terdaftar di server Dapodik Pusat. Akun berupa user dan password ini akan diperlukan untuk melakukan download prefill atau registrasi on line. Bagi operator baru (SD/SMP/SLB/SMA/SMK) dapat meminta user dan password Aplikasi Dapodik dari operator lama atau meminta dibuatkan akun baru kepada:
- KKdatadik Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
- Tim Support Dapodikdasmen Pusat

3. Persiapan Data
Di tahun pelajaran  yang baru tentunya banyak sekali data-data di Aplikasi Dapodik yang harus di lakukan  pemutakhiran dan data baru yang harus dimasukkan. Untuk membantu Operator Dapodik dalam mengumpulkan data awal dan validasi data kepada pemilik data ( peserta didik, GTK, sarpras, dll) maka telah disiapkan formulir pendataan. Formulir pendataan yang telah diisi dan di validasi oleh pemilik data akan menjadi dasar bagi Operator Dapodik dalam entry data dan pemutakhiran data di Aplikasi Dapodik.
Di Aplikasi Dapodik juga ada penambahan validasi data Kartu Indonesia Pintar (KIP), oleh karenanya sekolah dapat mulai mendata siswanya yang telah menerima KIP. Validasi data akan meliputi Nomor KIP dan Nama yang tertera di KIP.

4. Panduan Singkat Aplikasi Dapodik 
Dalam rangka memberikan penjelasan dan pemahaman mengenai pengembangan Aplikasi Dapodik , telah disiapkan Panduan Singkat Aplikasi Dapodik . Panduan ini akan berisi penjelasan singkat mengenai perkembangan dan perubahan-perubahan pada Aplikasi Dapodik , sekaligus sebagai panduan untuk melakukan up grade dari aplikasi Dapodik versi lama menjadi Aplikasi Dapodik .

Informasi-informasi diatas penting untuk kami sampaikan diawal sebelum Aplikasi Dapodik dirilis sebagai bekal pemahaman awal untuk dapat melakukan persiapan-persiapan yang diperlukan sehingga transformasi ke Aplikasi Dapodik dapat berjalan dengan lebih baik. Sebagai informasi bahwa INSTALLER APLIKASI DAPODIK dalam waktu dekat akan segera dirilis.
Harapan kami informasi diawal ini dapat menjadi acuan bagi segenap stakeholder di sekolah untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih baik dan mendorong tercapainya data Dapodik 100% baik secara kuantitas maupun kualitas. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu sekalian, kami ucapkan terima kasih.


Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Salam Satu Data,

Admin Dapodikdasmen


[tab][content icon="code" title=" INSTALLER"]Link Unduhan / Download Aplikasi Dapodik Versi 2018b SD,SMP,SMA,SMK,SLB:
 | Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018b [Mirror 1]
 | Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018b [Mirror 2]

Link Alternatif Updater Aplikasi Dapodik versi 2018.b Patch 2.0

Jika Anda mengalami kesulitan mengunduh Updater Aplikasi Dapodik versi 2018.b Patch 2.0 melalui link diatas, silahkan gunakan beberapa link alternatif berikut:
Berikut ini merupakan daftar perubahan pada Aplikasi Dapodik 2018.b:
  1. [Pembaruan] Penambahan validasi pengecekan kewajaran data pada GTK yang menginduk disekolah negeri namun berstatus kepegawaian sebagai GTY
  2. [Pembaruan] Penambahan validasi pengecekan kewajaran data pada Peserta Didik antara tanggal masuk sekolah dengan jenis pendaftaran
  3. [Pembaruan] Penonaktifan untuk perubahan data GTK jika status satuan administrasi pangkal (SATMINKAL) ada disekolah non induk
  4. [Pembaruan] Penambahan validasi pada jenjang SMA dan SMK untuk Wakil Kepala Sekolah mengikuti rasio rombel (1:9)
  5. [Pembaruan] Penambahan fitur tampilkan password ketika buat akun GTK
  6. [Pembaruan] Penambahan validasi untuk mengecek mata pelajaran yang diajarkan diluar struktur kurikulum yang berlaku
  7. [Pembaruan] Pencegahan perubahan tingkat pendidikan, kurikulum dan jurusan pada rombongan belajar jika pembelajaran sudah terisi
  8. [Pembaruan] Penambahan kolom lintang dan bujur pada PTK
  9. [Pembaruan] Penambahan kolom lintang dan bujur pada Peserta Didik
  10. [Pembaruan] Pengaktifan kurikulum 2013 untuk semua jenjang pendidikan
  11. [Pembaruan] Perubahan menu utama
  12. [Pembaruan] Penambahan pada rombongan belajar untuk mengakomodir sistem Satuan Kredit Semester (SKS)
  13. [Pembaruan] Penambahan fitur konfirmasi dan cetak surat mutasi peserta didik
  14. [Pembaruan] Penambahan fitur cek informasi terkait profil guru dan tendik
  15. [Pembaruan] Perubahan, penyesuaian dan penyempurnaan struktur database dengan UI pada aplikasi
  16. [Perbaikan] Penonaktifan tambah GTK untuk provinsi Papua dan Papua Barat
  17. [Perbaikan] Pengaktifan kembali menu nilai
  18. [Perbaikan] Perbaikan, penyesuaian dan penyempurnaan fitur penginputan nilai
  19. [Perbaikan] Perbaikan security aplikasi
  20. [Perbaikan] Optimalisasi aplikasi
  21. [Perbaikan] Perbaikan bugs ketika menambah mata pelajaran untuk jenjang SMA


Link Unduhan / Download Aplikasi Dapodik Versi 2017 SD,SMP,SMA,SMK,SLB:

 | Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2017 [Server 1]

Berikut ini merupakan daftar perubahan pada Aplikasi Dapodik 2017.b:

  1. [Pembaruan] Penambahan Menu untuk menginput nilai rapor peserta didik
  2. [Pembaruan] Penambahan tombol untuk memasukan prefill anggota rombel terdahulu
  3. [Perbaikan] Pembukaan pembuatan akun PTK untuk Non Induk

Berikut ini merupakan daftar perubahan pada Aplikasi Dapodik 2017.a:

  1. [Perbaikan] Perbaikan manampilkan tabulasi Akreditasi untuk jenjang SD, SMP dan SLB
  2. [Perbaikan] Perbaikan NIP suami/istri untuk panjang karakter boleh dibawah 18 digit pada atribut PTK
  3. [Perbaikan] Perbaikan untuk Pembukaan kurikulum Reguler pada saat pemilihan kurikulum pada jenjang SLB
  4. [Perbaikan] Perbaikan validasi untuk menghitung rasio antara Wakasek dengan Rombongan Belajar yang ada
  5. [Perbaikan] Perbaikan validasi Riwayat Kepangkatan hanya untuk GTK yang berada di sekolah induk
  6. [Perbaikan] Perbaikan bugs di pembelajaran untuk kurikulum SMA KTSP Bahasa
  7. [Perbaikan] Perbaikan bugs pada saat pemilihan kurikulum pada jenjang SMPLB
  8. [Perbaikan] Perbaikan bugs pada saat penambahan Program Keahlian pada jenjang SMA yang menjalankan Kurikulum 2013
  9. [Perbaikan] Perbaikan bugs pada saat pemilihan Program Keahlian di Rombongan Belajar pada jenjang SMA yang menjalankan Kurikulum 2013

Berikut ini merupakan daftar perubahan pada Aplikasi Dapodik 2017:

  1. [Pembaruan] Penambahan atribut Terima fisik kartu (KIP) pada entitas Peserta Didik
  2. [Pembaruan] Penambahan fitur peran Peserta Didik dapat login ke aplikasi Dapodikdasmen
  3. [Pembaruan] Penambahan fitur peran GTK dapat login ke aplikasi Dapodikdasmen
  4. [Pembaruan] Penambahan kolom baru Sekolah Asal pada registrasi peserta didik
  5. [Pembaruan] Penambahan JJM yang diakui pada tugas tambahan Pembina Pramuka sebanyak 2 jam
  6. [Pembaruan] Penambahan aturan validasi untuk memperketat kewajaran dan kelengkapan data pada GTK
  7. [Pembaruan] Penambahan persetujuan oleh Kepala Sekolah pada saat akan melakukan sinkronisasi
  8. [Pembaruan] Penambahan fitur salin sarana dan buku/alat hanya untuk Prasarana yang telah hapus buku
  9. [Pembaruan] Penambahan pemicu/trigger untuk mengecek Rwy.Sertifikasi dan Rwy.Pendidikan Formal pada saat penambahan Kompetensi pada Rincian GTK
  10. [Pembaruan] Penambahan unduhan profil detail khusus untuk SMK
  11. [Pembaruan] Penambahan Menu baru Validasi Pusat yang berguna untuk merangkum semua data yang dianggap bermasalah oleh Pusat
  12. [Pembaruan] Pemisahan antara Guru dan Tenaga Kependidikan (Tendik)
  13. [Pembaruan] Penonaktifkan penulisan angka, copy/paste dan klik kanan mouse pada kolom pilihan mata pelajaran di pembelajaran
  14. [Pembaruan] Penonaktifkan penulisan angka, copy/paste dan klik kanan mouse pada kolom pilihan kurikulum di rombongan belajar
  15. [Pembaruan] Pengaktifan atribut data Peserta Didik berupa NISN/Nama/Tanggal Lahir/Nama Ibu Kandung pada entitas data Peserta Didik jika status validasi pada VervalPD(PDSPK) dinyatakan invalid (sesuai dengan field yang invalid)
  16. [Pembaruan] Pengaktifan atribut data GTK berupa NUPTK/Nama/Tanggal Lahir/Nama Ibu Kandung pada entitas data GTK jika status validasi pada Vervalptk (PDSPK) dinyatakan invalid (sesuai dengan field yang invalid)
  17. [pembaruan] Penambahan Referensi Kepercayaan Kepada Tuhan YME dan perubahan label menjadai agama dan kepercayaan.
  18. [Perbaikan] Validasi untuk NIK, NIK Ibu, NIK Ayah, NIK Wali pada entitas data PD dengan menggunakan vtype numberonly
  19. [Perbaikan] Validasi untuk Nama, Nama Ibu Kandung, Nama Ayah, Nama Wali pada entitas data PD dengan menggunakan vtype namaspecialchar
  20. [Perbaikan] Validasi untuk Nama dan Nama Ibu Kandung pada entitas data GTK dengan menggunakan vtype namaspecialchar
  21. [Perbaikan] Perbaikan label Riwayat pekerjaan menjadi Riwayat Karir Guru pada rincian GTK dan pengaturan pengisian hanya untuk Guru
  22. [Perbaikan] Perbaikan bugs security pada aplikasi
  23. [Perbaikan] Perbaikan pada Formulir Sekolah
  24. [Perbaikan] Perbaikan pada Formulir GTK
  25. [Perbaikan] Perbaikan pada Formulir Peserta Didik
  26. [Perbaikan] Perbaikan bugs ketika mengganti foto profil operator sekolah
  27. [Perbaikan] Perbaikan bugs pada kurikulum SLB

[/content][content icon="database" title=" PREFILL"]Download Link Data Prefill Aplikasi Dapodik versi 2018b
  •  | Unduhan Prefill DAPODIK Versi 2018b
    Jika kesulitan mendapatkan prefill melalui link ini, silahkan gunakan link alternatif dibawah.

Link Alternatif Prefill Aplikasi Dapodik versi 2018.b

  1. Prefill Alternatif 1 : http://118.98.166.60:8011/prefill_dikdasmen_2018B/generate_prefill.php
  2. Prefill Alternatif 2 : http://118.98.166.60:8012/prefill_dikdasmen_2018B/generate_prefill.php
  3. Prefill Alternatif 3 : http://118.98.166.60:8013/prefill_dikdasmen_2018B/generate_prefill.php
  4. Prefill Alternatif 4 : http://118.98.166.60:8014/prefill_dikdasmen_2018B/generate_prefill.php
  5. Prefill Alternatif 5 : http://118.98.166.60:8015/prefill_dikdasmen_2018B/generate_prefill.php
  6. Prefill Alternatif 6 : http://118.98.166.60:8016/prefill_dikdasmen_2018B/generate_prefill.php


Download Link Data Prefill Rapor Dapodik versi 2018b

  •  | Unduhan Prefill Rapor Dapodik Versi 2018b
    Jika kesulitan mendapatkan prefill melalui link ini, silahkan gunakan link alternatif dibawah.

Link Alternatif Prefill Rapor Dapodik versi 2018.b

  1. Prefill Alternatif 1 : http://118.98.166.60:8011/prefill_dikdasmen_rapor_2018B/generate_prefill.php
  2. Prefill Alternatif 2 : http://118.98.166.60:8012/prefill_dikdasmen_rapor_2018B/generate_prefill.php
  3. Prefill Alternatif 3 : http://118.98.166.60:8013/prefill_dikdasmen_rapor_2018B/generate_prefill.php
  4. Prefill Alternatif 4 : http://118.98.166.60:8014/prefill_dikdasmen_rapor_2018B/generate_prefill.php
  5. Prefill Alternatif 5 : http://118.98.166.60:8015/prefill_dikdasmen_rapor_2018B/generate_prefill.php
  6. Prefill Alternatif 6 : http://118.98.166.60:8016/prefill_dikdasmen_rapor_2018B/generate_prefill.php
    [/content][content icon="file-pdf-o" title=" PANDUAN"]

    Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2018b

     | Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2018b [Server 1]
     | Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2018b [Server 2]

    Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik

     | Panduan Pengisian Data Kartu Indonesia Pintar (KIP) pada Aplikasi Dapodik⁠⁠

    Formulir Dapodik 2018


    Surat Edaran Dirjen Dikdasmen

     | Surat Edaran Dirjen terkait Dapodik 2016 dapat diunduh

    FAQ

     | Daftar pertanyaan yang sering diajukan dapat diunduh disini

    Infografis Pengenalan Aplikasi Dapodik Versi 2018

     | Video Infografis Pengenalan Aplikasi Dapodik Versi 2018 dapat dilihat disini

        [/content][content icon="refresh" title=" UPDATER"]
        Link Unduhan Updater Patch versi 2018b

        Bagi Anda yang memiliki kendala pada saat memperbarui Aplikasi Dapodik Anda secara online, silahkan gunakan updater berikut untuk melakukan pembaruan aplikasi:

        Updater Aplikasi Dapodik

        Versi 2018.b 1.0 - Dirilis pada 08 Februari 2018

        Untuk Windows XP / Vista / 7 / 8 / 10

        Link Alternatif Updater Aplikasi Dapodik versi 2018.b 1.0

        Jika Anda mengalami kesulitan mengunduh Updater Aplikasi Dapodik versi 2018.b 1.0 melalui link diatas, silahkan gunakan beberapa link alternatif berikut:



        Link Unduhan Updater versi 2017.c

        Bagi Anda yang memiliki kendala pada saat memperbarui Aplikasi Dapodik Anda secara online, silahkan gunakan updater berikut untuk melakukan pembaruan aplikasi:

        Updater Aplikasi Dapodik

        Versi 2017.c - Dirilis pada 20 April 2017

        Untuk Windows XP / Vista / 7 / 8 / 10



        Link Unduhan Updater versi 2017.b

        Bagi Anda yang memiliki kendala pada saat memperbarui Aplikasi Dapodik Anda secara online, silahkan gunakan updater berikut untuk melakukan pembaruan aplikasi:

        Updater Aplikasi Dapodik

        Versi 2017.b - Dirilis pada 20 April 2017

        Untuk Windows XP / Vista / 7 / 8 / 10


        Link Alternatif Unduhan Updater versi 2017.b


        Link Unduhan Updater versi 2017.a

        Bagi Anda yang memiliki kendala pada saat memperbarui Aplikasi Dapodik Anda secara online, silahkan gunakan updater berikut untuk melakukan pembaruan aplikasi:

        Updater Aplikasi Dapodik

        Versi 2017.a - Dirilis pada 13 Februari 2017

        Untuk Windows XP / Vista / 7 / 8 / 10

        Link Alternatif Unduhan Updater versi 2017.a

        Link Alternatif Unduhan Updater v2016c

        Link Alternatif Unduhan Updater v2016b

        [/content][content icon="code" title=" APLIKASI PMP"]

        INSTALLER Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan

        Versi 2.1 - Tanggal Rilis: 13 September 2017
        Untuk Windows XP / Vista / 7 / 8 / 10
        Bagi yang belum terinstall aplikasi PMP di komputer/laptopnya


        UPDATER Aplikasi PMP

        Versi 2.1 - Tanggal Rilis: 13 September 2017
        Untuk Windows XP / Vista / 7 / 8 / 10
        Bagi yang sudah menginstall aplikasi PMP versi 2.0


        Manual Aplikasi PMP


         | Link 1
         | Alternatif







        [/content][/tab]

        Posting Komentar

        Posting Komentar

        Terima kasih atas kunjungannya.
        1. Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik
        3. Mohon untuk berkomentar 1 kali saja untuk topik yang sama.
        4. Setiap komentar yang dikirim menunggu persetujuan Admin untuk di terbitkan.