no fucking license
Bookmark

PANDUAN INSTALASI SERVER DAN CLIENT UNBK/CBT (COMPUTER BASED TEST) 2016/2017

Advertisement
PANDUAN INSTALASI SERVER DAN CLIENT UNBK/CBT (COMPUTER BASED TEST) 2016/2017
Terobosan penting Kemendikbud pada periode 2014-2019 adalah mengubah sistem penilaian nasional dari ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNBKP) menuju ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Perubahan UN dari UNBKP menjadi UNBK dilakukan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan optimalisasi ujian nasional, serta penilaian pendidikan lainnya.

Dengan jumlah peserta lebih dari 7 juta siswa dan diselenggarakan di lebih dari 80.000 satuan pendidikan (SMP/MTs, SMA/MA, SMK, serta Kelompok Belajar Paket B dan C), UN merupakan pekerjaan besar dan masif. Logistik yang dikelola sangat besar, 35 juta eksemplar naskah ujian yang merupakan dokumen negara yang bersifat rahasia (setara dengan lebih dari 400 kontainer paket soal) harus dikirimkan ke seluruh satuan pendidikan dengan berbagai moda transportasi, pesawat udara, kapal, truk, hingga harus naik kuda dan perahu untuk mencapai sekolah-sekolah di daerah pedalaman secara tepat jumlah, tepat mutu, tepat sasaran, dan tepat waktu.

Pencetakan bahan UN juga merupakan pekerjaan besar yang pengadaannya dilakukan melalui proses pelelangan umum sesuai Perpres 70 Tahun 2012 dengan pengawasan selama pencetakan yang harus dilakukan 24 jam sehari selama sebulan penuh. Mobilisasi SDM luar biasa besar karena melibatkan lebih dari 700.000 panitia dan pengawas dari berbagai kalangan, pemerintah, pemerintah daerah, sekolah, perguruan tinggi, dan kepolisian. Dari segi substansi, penyelenggaraan ujian berbasis kertas dengan skala besar tidak memungkinkan bentuk soal selain pilihan ganda (multiple choices). Sementara, kebutuhan penilaian pendidikan mengharuskan pengukuran daya kritis dan kreatif siswa. Pengukuran kompetensi kognitif tingkat tinggi seperti analisis, sintesis, dan evaluasi sulit dilakukan dengan bentuk soal pilihan ganda.

Perubahan dari UNBKP menuju UNBK akan memberi banyak per- ubahan penting untuk meningkatkan mutu, efisiensi, dan efektivitas penilaian pendidikan secara nasional. Manfaat reformasi ini dirasakan oleh siswa, orang tua, guru, sekolah, masyarakat, serta pemerintah daerah (Dinas Pendidikan) dan pemerintah pusat. Reformasi ini berdampak jangka panjang karena menyentuh aspek mendasar pengembangan kompetensi lulusan. Literasi lulusan akan teknologi informasi merupakan kebutuhan kompetensi dasar pada abad ke-21. Pelaksanaan perintisan UNBK pada 2015 berjalan sangat baik.

Berikut adalah PANDUAN INSTALASI SERVER DAN CLIENT UNBK/CBT (COMPUTER BASED TEST) 2016/2017 :

 | PANDUAN/MANUAL UNBK/CBT (COMPUTER BASED TEST) 2016/2017

| PANDUAN INSTALASI SERVER DAN CLIENT UNBK/CBT (COMPUTER BASED TEST) 2015/2016
Advertisement
Advertisement
3 komentar

3 komentar

Terima kasih atas kunjungannya.
1. Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik
3. Mohon untuk berkomentar 1 kali saja untuk topik yang sama.
4. Setiap komentar yang dikirim menunggu persetujuan Admin untuk di terbitkan.
  • wulancell
    wulancell
    28 Januari 2017 pukul 04.46
    sangat sangat membantu, good jobs
    Reply
  • senzen
    senzen
    27 Januari 2017 pukul 07.02
    Terimakasih, Adakah link download untuk aplikasi exambro client terbaru ?
    Reply
  • agung5s7
    agung5s7
    23 Januari 2017 pukul 18.10
    terima kasih untuk panduan instalasi server dan client UNBK nya, sangat membantu,,, jazakallah,,
    Reply