no fucking license
Bookmark

KEMDIKBUD TEGASKAN PELAKSANAAN UN TIDAK DIPUNGUT BIAYA

Advertisement
KEMDIKBUD TEGASKAN PELAKSANAAN UN TIDAK DIPUNGUT BIAYA

KEMDIKBUD TEGASKAN PELAKSANAAN UN TIDAK DIPUNGUT BIAYA - Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Prof Nizam mengatakan, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang akan diselenggarakan pada 4 April untuk SMA dan 7 Mei untuk SMP tidak dipungut biaya oleh permerintah.

Nizam menjelaskan, UN merupakan agenda Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sehingga segala pelaksanaannya sudah masuk dalam pos anggaran pengeluaran Kemdikbud.

Baca Juga: PENCAIRAN TUNJANGAN 2016 TIDAK LAGI MENGGUNAKAN ARSIP DATA KOMPUTER (ADK)

Pelaksanaan UN itu gratis, tidak ada pungut biaya namun jika ada itu merupakan wewenang sekolah,” kata Nizam setelah acara Diskusi Koalisi Masyarakat Sipil untuk Transformasi Pendidikan (KMSTP) di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Jumat (8/1).

Alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) ini menjelaskan, terkadang ada sekolah yang masih mewajibkan siswa untuk mengumpulkan biaya. Namun biaya tersebut biasanya dijalankan karena ada kesepakatan bersama antara sekolah dan orang tua murid.

Para guru membebankan biaya biasanya untuk proses pelaksanaan try out dan acara pelepasan siswa, karena untuk pelaksanaan UN tidak ada biaya.

Baca Juga:DIKALAHKAN RETNO DI PTUN, AHOK: PENEMPATAN PNS TETAP KEWENANGAN KAMI

Pada kesempatan yang sama Nizam juga menegaskan kepada sekolah dan siswa untuk menjaga Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN). Sebab ke depannya hasil IIUN akan digunakan untuk masuk perguruan tinggi (PT).

Nizam mengaku, Kemdikbud akan melakukan MoU dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) untuk mengunakan hasil IIUN sebagai bahan pertimbangan masuk PT.

Kami akan adakan MoU dalam waktu dekat agar tidak hanya nilai seja yang menjadi bahan pertimbangan tetapi indeks integritas juga. Percuma nilai 90 jika indeks integritasnya rendah,” kata Nizam.

Baca Juga:8 SYARAT PENGAJUAN NUPTK 2016 DARI DITJEN GTK

Dia menambahkan, sekolah- sekolah yang memiliki indesk integritas terbaik akan diberi sertefikat dan penghargaan sebagai dorongan kepada sekolah- sekolah lainnya bs
Advertisement
Advertisement
Posting Komentar

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya.
1. Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik
3. Mohon untuk berkomentar 1 kali saja untuk topik yang sama.
4. Setiap komentar yang dikirim menunggu persetujuan Admin untuk di terbitkan.