Tiga Kecerdasan Wajib Dimiliki Dosen

Dosen yang cerdas secara intelektual pasti mampu mentransfer ilmu pengetahuan. Namun mereka juga harus memiliki kecerdasan emosional dan spiritual yang baik. Perpaduan ketiga kecerdasan tersebut, kata Etty Ratnawati, MPd dalam pengukuhan doktor di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY),


Tiga Kecerdasan Wajib Dimiliki Dosen
Dosen yang cerdas secara intelektual pasti mampu mentransfer ilmu pengetahuan. Namun mereka juga harus memiliki kecerdasan emosional dan spiritual yang baik.

Perpaduan ketiga kecerdasan tersebut, kata Etty Ratnawati, MPd dalam pengukuhan doktor di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY),

akan membuat para dosen bisa memberikan makna pada masalah yang sedang dihadapi.

"Sehingga dia bisa kembali bangkit dan memotivasi mahasiswanya dalam belajar di kelas dan meraih prestasi dengan baik," ungkap Etty, seperti dinukil dari laman UMY, Senin (21/12/2015).

Menurut Etty, dosen sebagai tenaga kependidikan yang bertugas untuk mengajar, membimbing dan melatih mahasiswa perlu untuk melakukan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat. Di sinilah tiga kecerdasan tersebut akan sangat berguna.

"Kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) mampu membuat kinerja dosen lebih optimal," ujarnya.

Tidak hanya pada intelektual, kinerja dosen juga terlihat pada kemampuannya menyelesaikan masalah dengan kecerdasan dan kemampuan emosi tersebut. "Kecerdasan emosional dosen berpengaruh positif terhadap motivasi belajar mahasiswa, jika kecerdasan emosional seorang dosen meningkat, maka motivasi belajar mengajar mahasiswa juga meningkat," imbuh Etty.

Namun saat ini, tolok ukur pendidikan lebih mengutamakan aspek intelektual. Padahal keberhasilan belajar pada mahasiswa tidak hanya dilihat dari pencapaian angka-angka.

"Masih ada indikator kecerdasan lainnya yang dapat menotivasi mahasiswa untuk dapat mencapai keberhasilan dan kesuksesan, yaitu kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual," tandasnya. (oz)

Masukkan email anda.


Labels:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya.
1. Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik
3. Mohon untuk berkomentar 1 kali saja untuk topik yang sama.
4. Setiap komentar yang dikirim menunggu persetujuan Admin untuk di terbitkan.

[facebook][blogger]

Filenya.com

{google-plus#https://plus.google.com/+FilenyaCom/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget