Kepintaran anak Indonesia jauh tertinggal dibanding Vietnam

pintaran anak Indonesia jauh tertinggal dibanding Vietnam Peneliti dari National Bureau of Economics Research, Matthew Wai-Poi, mengungkapkan kualitas hasil pendidikan anak Indonesia jauh tertinggal dari Vietnam. Padahal,

Kepintaran anak Indonesia jauh tertinggal dibanding Vietnam
Peneliti dari National Bureau of Economics Research, Matthew Wai-Poi, mengungkapkan kualitas hasil pendidikan anak Indonesia jauh tertinggal dari Vietnam. Padahal, pemerintah kedua negara menganggarkan dana pendidikan yang hampir sama.

"Akan tetapi, hasilnya siswa di Vietnam mampu memperoleh peringkat kedua dari atas. Sementara, siswa di Indonesia berada di peringkat dua terbawah," jelas dia di Jakarta, Selasa (8/12).

Dia menjabarkan dari hasil penelitiannya, dalam pelajaran ilmu pengetahuan alam, misalnya, siswa Vietnam berada di peringkat 8, sementara siswa di Indonesia berada di peringkat 64. Pada mata pelajaran Matematika, siswa Vietnam berada di peringkat 17 dan siswa Indonesia peringkat 64.

Adapun pada kompetensi membaca, siswa Vietnam berada pada peringkat 19. Sedangkan, siswa Indonesia berada di peringkat 60.

Pemerintah diminta dapat memperbaiki kualitas pendidikan guna memajukan kualitas sumber daya manusia. Wai-Poi mengatakan selama ini anggaran pendidikan yang dialokasikan oleh pemerintah dianggap masih belum digunakan optimal.

"Vietnam dan Indonesia mengalokasi anggaran yang hampir sama untuk pendidikan. Vietnam 20 persen dan Indonesia 29 persen," jelasnya.

Wai-Poi mengungkapkan, sekolah-sekolah di Vietnam berupaya amat keras untuk peningkatan kualitas pendidikan. Salah satu contohnya dengan meningkatkan tingkat kesejahteraan para gurunya.

"Profesi guru dihargai sekali. Mereka dapat gaji yang bagus, dua kali lebih besar dari produk domestik bruto (PDB) per kapita. Sementara guru SMA di Indonesia (gajinya) hanya setengah dari PDB per kapita," ungkapnya. (Merdeka)

Masukkan email anda.


Labels:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya.
1. Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik
3. Mohon untuk berkomentar 1 kali saja untuk topik yang sama.
4. Setiap komentar yang dikirim menunggu persetujuan Admin untuk di terbitkan.

[facebook][blogger]

Filenya.com

{google-plus#https://plus.google.com/+FilenyaCom/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget