no fucking license
Bookmark

ANIES RASYID BASWEDAN "PEMERINTAH AKAN MENETAPKAN UPAH MINIMUM GURU HONORER"

Advertisement
Anies Rasyid Baswedan "Pemerintah Menetapkan Upah Minimum Guru Honorer"
Anies Rasyid Baswedan "Pemerintah Akan Menetapkan Upah Minimum Guru Honorer"
Pemerintah akan segera menaikan gaji bagi rekan-rekan guru honorer ditanah air. Ingin tahu berita selengkapnya, yuk simak berita berikut ini

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Rasyid Baswedan mengatakan pemerintah akan segera menetapkan penghasilan minimum untuk guru honorer. Hal tersebut dikatakan Anies usai prosesi upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN), di Kemendikbud, Selasa (25/11) pagi.  Menurutnya saat ini upah yang diterima guru honorer masih sangat kecil, bahkan seringkali lebih rendah dari upah minimum regional (UMR).

"Saya sudah bicara dengan Menpan (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi). Kita harus menetapkan batas minimum sehingga guru punya penghasilan cukup. Jangan sampai gaji guru hanya Rp 150.000-Rp 200.000. Kita harus ubah," kata Anies. Anies menambahkan namun keputusan tetap berada di Menpan dan RB, Yuddy Chrisnandi, dan Presiden Joko Widodo.

Selain itu, Anies juga menjelaskan bahwa masih banyak PR (pekerjaan rumah) untuk menyelesaikan masalah guru yang belum selesai.

" Misalnya status kepegawaian, sudah statusnya tidak jelas lalu gajinya rendah pula. Tenaga kerja saja punya upah minimum, tapi guru tidak punya," ujar Anies.

Anies menambahkan besaran yang akan ditetapkan sebagai penghasilan minimum guru honorer masih dibahas. Dia juga belum bisa menentukan pihak mana yang wajib membayar penghasilan minimum untuk guru honorer tersebut, apakah diambil dari anggaran pemerintah daerah atau pusat. "Itu belum diatur," katanya.

Dalam upacara HGN di kantor Kemdikbud Jakarta, hadir conductor dan komposer, Adi MS, memimpin paduan suara siswa SMAN 34 Jakarta. Anies mengatakan keterlibatan Adi MS sebagai simbolisasi untuk mengajak semua pihak terlibat dalam mengurus pendidikan.

"Hadirnya seorang komposer dalam sebuah upacara membuat suasana menjadi berbeda. Bayangkan jika hal seperti ini terjadi dalam semua upacara di sekolah," kata Anies.

Sementara itu, Ketua Umum PGRI Sulistiyo mengatakan jumlah guru yang berada di bawah Kemdikbud mencapai 2.925.676 dan guru di bawah Kementerian Agama sebanyak 762.222. Sedangkan, jumlah guru honorer mencapai sekitar 1,4 juta. "Pekerja pabrik saja diatur upah minimumnya, tapi guru honorer yang mengajar penuh tidak ada aturannya," kata Sulistiyo.

Sulistiyo menambahkan masih banyak guru yang memerlukan perbaikan mental yang serius. Paling utama adalah menumbuhkan mental guru untuk belajar secara mandiri dan mengembangkan kompetensi.

"Mental guru perlu perbaikan serius, paling tidak supaya ada semangat belajar mandiri. Dilatih berkali-kali pun kalau guru tidak ada semangat meningkatkan diri akan berat, terutama bagaimana mengubah mindset guru supaya menjadi guru profesional," katanya.

Menurutnya, saat ini guru lebih mengutamakan tugas mengajar di kelas dibandingkan mendidik siswa. Namun, kondisi itu muncul karena sistem yang dibuat pemerintah. Misalnya, sistem Ujian Nasional (UN) yang mau tak mau mendorong guru untuk mengejar kelulusan siswa.
Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah, Anies Baswedan (tengah)

"Itu sudah dibentuk lama sekali sehingga akhirnya pendidikan berubah jadi sekadar mengajar, lalu dari mengajar berubah jadi sekadar latihan soal-soal UN," kata Sulistiyo.

Sulistiyo mengatakan perbaikan mental guru harus didahului perbaikan sistem pendidikan. Tradisi yang baik seperti upacara bendera juga harus digalakkan kembali. (Suara Pembaruan)
Advertisement
Advertisement
Posting Komentar

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya.
1. Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik
3. Mohon untuk berkomentar 1 kali saja untuk topik yang sama.
4. Setiap komentar yang dikirim menunggu persetujuan Admin untuk di terbitkan.