no fucking license
Bookmark

RPP Bahasa Indonesia SMA, MA Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Terbaru

Advertisement
[caption id="" align="aligncenter" width="640"]RPP Bahasa Indonesia SMA, MA Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Terbaru RPP Bahasa Indonesia SMA, MA Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Terbaru [/caption]

Pendekatan teks dan sains terpadu sangat apik dalam pembelajaran bahasa Indonesia tatkala Kurikulum 2013 menetapkan kebijakan menguatkan kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia dalam pendidikan sekolah sebagai penghela dan pembawa ilmu pengetahuan. Dalam kerangka Kurikulum 2013, kekuatan bahasa Indonesia dirancang pengembangan dan pembinaannya di sekolah melalui proses pembelajaran berbasis teks. Dengan berbasis teks, bahasa Indonesia diajarkan bukan sebagai pengetahuan bahasa, melainkan sebagai teks yang mengemban fungsi sosial dan tujuan tertentu untuk menjadi sumber aktualisasi diri dan mengembangkan kegiatan ilmiah atau saintifik. Sebagai sumber aktualisasi diri, bahasa Indonesia yang diajarkan dengan berbasis teks— baik lisan maupun tulis—menguatkan jatidiri peserta didik untuk bersikap spiritual menerima, menghargai, dan menghayati keberadaan bahasa kebangsaan Indonesia yang merupakan anugrah Tuhan Yang Maha Esa.

Pada saat yang sama, penguatan jatidiri itu memantapkan sikap sosial peserta didik untuk berakhlak mulia serta bertanggung jawab atas keberadaan bahasa Indonesia sebagai identitas diri negara kesatuan Republik Indonesia. Melalui pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks, di kalangan peserta didik, tumbuh sikap tanggung jawab, setia, dan bangga akan keberadaan bahasa Indonesia di tengah lingkungan pergaulan dunia global. Sementara itu, sebagai sumber pengembangan kegiatan ilmiah atau saintifik, proses pembelajaran bahasa Indonesia yang berbasis teks tersebut ditempuh melalui tahapan kegiatan peserta didik yang bersistem, yaitu tahap pembangunan konteks dan pemodelan teks, kerja sama membangun teks, serta kerja mandiri menciptakan teks yang sesuai dengan teks model.

Semua tahapan pembelajaran teks itu, selain terarah dan terukur, juga dilakukan secara terkendali oleh pendidik atau pembelajar melalui kegiatan evaluasi/penilaian autentik terhadap proses dan hasil pembelajaran. Tanpa adanya data yang diperoleh oleh peserta didik, proses pembelajaran bahasa Indonesia itu tidak akan menghasilkan teks yang diciptakan secara bersama-sama atau mandiri.

Untuk menghasilkan teks yang diharapkan, kegiatan belajar haruslah berawal dengan pengamatan terhadap gejala alam atau sosial yang menjadi objek pembelajaran teks dan berlanjut dengan tahap mempersoalkan atau mempertanyakan keberadaan gejala yang diamati tersebut. Kemudian, pengumpulan informasi/data mengenai gejala itu diteruskan dengan analisis keterhubungan antar-fakta sehingga gejala atau fenomena yang dipelajari itu dapat disajikan dan dilaporkan dalam bentuk teks yang sesuai dengan tujuan komunikasi berbahasa Indonesia. Proses pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks, sebagaimana harapan Kurikulum 2013, bermaksud mengembangkan dan membina pribadi peserta didik agar memiliki kemampuan berpikir empiris dan kritis serta tindakan yang produktif dan kreatif dalam ranah komunikasi berbahasa Indonesia.

RPP Bahasa Indonesia SMA, MA Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Terbaru - Kurikulum Pendidikan 2013 ini dalam penerapannya menggunakan metode pembelajaran tematik yang mengambil pokok bahasan pelajaran berdasarkan tema dengan menggabungkan beberapa pelajaran menjadi satu.

RPP Bahasa Indonesia SMA, MA Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Terbaru Silahkan Download semua. Bagi yang membutuhkan RPP Bahasa Indonesia SMA, MA Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Terbaru silahkan Pilih aja sesuai kebutuhan saudara-saudara sekalian, pada link di bawah ini :

RPP Bahasa Indonesia SMA, MA Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Terbaru Semester 2

Password: melihat.net

| RPP Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas XI-11 - Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Eksplanasi

| RPP Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas XI-11 - Membangun Teks Eksplanasi dengan Kerja Sama

| RPP Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas XI-11 - Membangun Teks Eksplanasi secara Mandiri

| RPP Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas XI-11 - Pemodelan Teks ulasanreviu filmdrama

| RPP Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas XI-11 - Membangun Teks Ulasan dengan Kerja Sama

| RPP Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas XI-11 - Membangun Teks Ulasan secara Mandiri

| RPP Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas XI-11 - Pemodelan Berbagai Jenis Teks dalam Satu Tema

| RPP Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas XI-11 - Membangun Berbagai Jenis Teks dalam Satu Tema dengan

| RPP Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas XI-11 - Membangun Berbagai Jenis Teks dalam Satu Tema secara Mandiri

| Prota dan Promes Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas XI-11

 

Silabus Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas XI-11

| Silabus Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas XI-11

 

Buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas XI-11

| Buku Guru Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas XI-11

| Buku Siswa Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Semester 1

| Buku Siswa Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas XI-11 Semester 1

 

Advertisement
Advertisement
1 komentar

1 komentar

Terima kasih atas kunjungannya.
1. Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik
3. Mohon untuk berkomentar 1 kali saja untuk topik yang sama.
4. Setiap komentar yang dikirim menunggu persetujuan Admin untuk di terbitkan.
  • iwan fauzi
    iwan fauzi
    9 Agustus 2017 pukul 20.33
    Terimakasih atas berbagi ilmunya
    Reply