no fucking license
Bookmark

RPP IPA SMP-MTs Kurikulum 2013 Kelas VII-7 Terbaru

Advertisement
[caption id="" align="aligncenter" width="720"]RPP IPA SMP-MTs Kurikulum 2013 Kelas VII-7 Terbaru RPP IPA SMP-MTs Kurikulum 2013 Kelas VII-7 Terbaru[/caption]

RPP, Silabus, Prota, Promes Guru Untuk Mata Pelajaran IPA disusun untuk mempermudah dan memperjelas penggunaan buku bagi peserta didik yang diterbitkan oleh Pemerintah. RPP, Silabus, Prota, Promes ini terdiri atas dua bagian. Bagian pertama berisi tentang petunjuk umum pembelajaran IPA, keterampilan proses dalam pembelajaran IPA, serta penilaian dalam pembelajaran IPA. Bagian kedua menguraikan strategi pembelajaran IPA tiap topik, sesuai Kurikulum 2013 dan RPP, Silabus, Prota, Promes siswa. Uraian setiap topik disajikan untuk setiap rencana tatap muka. Pada setiap tatap muka berisi materi pengayaan untuk guru beserta potensi miskonsepsi pada peserta didik pada topik itu, pembelajarannya, serta alternatif penilaiannya. Dengan model pengorganisasian seperti ini, diharapkan guru mendapatkan kemudahan dalam pemahaman lebih dalam terhadap materi ajar, cara pembelajarannya, serta cara penilaiannya. Juga, guru mendapatkan gambaran terhadap rumusan indikator pencapaian kompetensi dasar (terutama untuk KD pada KI III dan KI IV).

Sebagai muaranya, panduan pembelajaran IPA ini diharapkan dapat membantu guru dalam memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar secara optimal, sehingga peserta didik mampu mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pada satuan pendidikan tertentu. IPA pada hakikatnya meliputi empat unsur utama yaitu: (1) sikap: rasa ingin tahu tentang benda, fenomena alam, makhluk hidup, serta hubungan sebab akibat yang menimbulkan masalah baru yang dapat dipecahkan melalui prosedur yang benar; IPA bersifat open ended; (2) proses: prosedur pemecahan masalah melalui metode ilmiah; metode ilmiah meliputi penyusunan hipotesis, perancangan eksperimen atau percobaan, evaluasi, pengukuran, dan penarikan kesimpulan; (3) produk: berupa fakta, konsep, prinsip, teori, dan hukum; dan (4) aplikasi: penerapan metode ilmiah dan konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari.

Empat unsur utama IPA ini seharusnya muncul dalam pembelajaran IPA. Pembelajaran IPA seharusnya dapat menumbuhkembangkan kompetensi siswa pada ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ketiga ranah kompetensi tersebut memiliki lintasan perolehan (proses psikologis) yang berbeda. Sikap diperoleh melalui aktivitas “menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan”.

Pengetahuan diperoleh melalui aktivitas “mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi”. Keterampilan diperoleh melalui aktivitas “mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta”. Dalam pembelajaran IPA, lintasan “mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta” ini digunakan sebagai penggerak bagi lintasan yang lain. Pendekatan yang digunakan disebut pendekatan ilmiah (scientific). Untuk memperkuat pendekatan ilmiah (scientific) dalam pembelajaran IPA diterapkan pembelajaran berbasis penyingkapan/ penelitian (discovery/inquiry learning). Untuk mendorong kemampuan peserta didik agar menghasilkan karya kontekstual, baik individual maupun kelompok, maka sangat disarankan menggunakan pendekatan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (problem based dan project based learning).

RPP IPA SMP-MTs Kurikulum 2013 Kelas VII-7 Terbaru - Kurikulum Pendidikan 2013 ini dalam penerapannya menggunakan metode pembelajaran tematik yang mengambil pokok bahasan pelajaran berdasarkan tema dengan menggabungkan beberapa pelajaran menjadi satu.

RPP IPA SMP-MTs Kurikulum 2013 Kelas VII-7 Terbaru Silahkan Download semua. Bagi yang membutuhkan RPP IPA SMP-MTs Kurikulum 2013 Kelas VII-7 Terbaru silahkan Pilih aja sesuai kebutuhan saudara-saudara sekalian, pada link di bawah ini :

RPP IPA SMP-MTs Kurikulum 2013 Kelas VII-7 Terbaru Semester 2

Password: melihat.net

| RPP IPA Kurikulum 2013 Kelas VII-7 Tema 1 KP 1 - Energi dalam Sistem Kehidupan

| RPP IPA Kurikulum 2013 Kelas VII-7 Tema 1 KP 2 - Mempelajari Berbagai Sistem dalam Kehidupan Makhluk Hidup

| RPP IPA Kurikulum 2013 Kelas VII-7 Tema 2 KP 1 - Mengenal Suhu dan Pengukuran

| RPP IPA Kurikulum 2013 Kelas VII-7 Tema 2 KP 2 - Mempelajari Pemuaian dan Penerapannya

| RPP IPA Kurikulum 2013 Kelas VII-7 Tema 3 KP 1 - Mengenal Kalor dan Pengaruhnya terhadap Benda

| RPP IPA Kurikulum 2013 Kelas VII-7 Tema 3 KP 2 - Mempelajari Perpindahan Kalor dan Penerapannya

| RPP IPA Kurikulum 2013 Kelas VII-7 Tema 4 KP 1 - Mengenal Ekosistem dan Komponen-Komponennya

| RPP IPA Kurikulum 2013 Kelas VII-7 Tema 4 KP 2 - Mempelajari Cara Pengelolaan Lingkungan

| Prota, Promes IPA Kurikulum 2013 Kelas VII-7 Tema 1

| Silabus IPA Kurikulum 2013 Kelas VII-7 Tema 2

 

Buku IPA Kurikulum 2013 Kelas VII-7

| Buku Guru IPA SMP-MTs Kurikulum 2013 Kelas VII-7

| Buku Siswa IPA SMP-MTs Kurikulum 2013 Kelas VII-7 Semester 1

| Buku Siswa IPA SMP-MTs Kurikulum 2013 Kelas VII-7 Semester 2

Advertisement
Advertisement
1 komentar

1 komentar

Terima kasih atas kunjungannya.
1. Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik
3. Mohon untuk berkomentar 1 kali saja untuk topik yang sama.
4. Setiap komentar yang dikirim menunggu persetujuan Admin untuk di terbitkan.
  • Unknown
    Unknown
    22 Juli 2017 pukul 14.49
    terima kasih, artikel dan filenya sangat bermanfaat. admin, apakah memiliki rpp ipa kelas 7 untuk semester 1?
    Reply