no fucking license
Bookmark

Buku Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/SMK/MA Kurikulum 2013-Kurikulum Nasional

[caption id="attachment_709" align="aligncenter" width="238"]Buku Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/SMK/MA Kurikulum 2013 Revisi 2015 Buku Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/SMK/MA Kurikulum 2013 Revisi 2015[/caption]
Kurikulum 2013 menyadari peran penting bahasa sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran secara estetis dan logis. Pada satu karena ingin menyampaikannya dengan indah sehingga mampu menggugah menyampaikan gagasan secara objektif dan logis supaya dapat dicerna dengan mudah oleh penerimanya. Dua pendekatan mengekspresikan dua dimensi diri, perasaan dan pemikiran, melalui bahasa perlu diberikan berimbang.

Sejalan dengan peran di atas, pembelajaran Bahasa Indonesia untuk jenjang Pendidikan Menengah Kelas XII yang disajikan dalam Buku Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/SMK/MA Kurikulum 2013-Kurikulum Nasional Revisi 2015 ini disusun dengan berbasis teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Didalamnya dijelaskan berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan penyampaiannya tercapai, apakah untuk menggugah perasaan ataukah untuk memberikan pemahaman.
Sebagai bagian dari Kurikulum 2013 yang menekankan pentingnya keseimbangan kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan, kemampuan berbahasa yang dituntut tersebut dibentuk melalui pembelajaran berkelanjutan: dimulai dengan meningkatkan pengetahuan tentang jenis, kaidah dan konteks suatu teks, dilanjutkan dengan keterampilan menyajikan suatu teks tulis dan lisan baik terencana maupun spontan, dan bermuara pada pembentukan sikap kesantunan dan kejelian berbahasa serta sikap penghargaan terhadap Bahasa Indonesia sebagai warisan budaya bangsa. Buku Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/SMK/MA Kurikulum 2013-Kurikulum Nasional Revisi 2015 ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, peserta didik diajak menjadi berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya.

Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan pada Buku Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/SMK/MA Kurikulum 2013-Kurikulum Nasional Revisi 2015 ini sangat penting. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam. Sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuaka dan terus dilakukan perbaikan untuk penyempurnaan. Oleh karena itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

| Buku Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/SMK/MA Kurikulum 2013-Kurikulum Nasional Revisi 2015 Bahasa Indonesia.Pdf (Buku Guru)
| Buku Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/SMK/MA Kurikulum 2013-Kurikulum Nasional Revisi 2015 Bahasa Indonesia.Pdf (Buku Siswa - Semester 1)
| Buku Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/SMK/MA Kurikulum 2013-Kurikulum Nasional Revisi 2015 Bahasa Indonesia.Pdf (Buku Siswa - Semester 2)

Posting Komentar

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya.
1. Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik
3. Mohon untuk berkomentar 1 kali saja untuk topik yang sama.
4. Setiap komentar yang dikirim menunggu persetujuan Admin untuk di terbitkan.