3 Bagian Telinga dan Fungsinya

3 Bagian Telinga dan Fungsinya - Telinga kita terdiri atas tiga bagian, yaitu telinga luar, telinga tengah, dan telinga bagian dalam. Berikut ini materi tentang bagian-bagian Telinga dan Fungsinya:

3 Bagian Telinga dan Fungsinya - Telinga kita terdiri atas tiga bagian, yaitu telinga luar, telinga tengah, dan telinga bagian dalam. Berikut ini materi tentang bagian-bagian Telinga dan Fungsinya:
Bagian-bagian telinga
a. Telinga luar 
Telinga bagian luar terdiri atas daun telinga, liang telinga, dan gendang telinga. Daun telinga merupakan bagian terluar dari telinga yang terbuat dari tulang rawan yang lentur. Daun telinga berfungsi untuk menangkap dan mengumpulkan suara. Bagian tengah dari telinga luar adalah liang telinga, berupa saluran sepanjang 2,5 cm. Liang telinga berfungsi sebagai tempat masuknya gelombang suara ke telinga bagian dalam. Pada liang telinga ini terdapat rambut dan kelenjar lemak yang berguna untuk menangkap kotoran agar tidak masuk ke dalam telinga. Bagian terdalam dari telinga luar adalah gendang telinga, berupa selaput tipis yang berbatasan dengan telinga tengah. Gendang telinga berfungsi untuk menangkap gelombang bunyi. 
b. Telinga tengah
Telinga tengah membentuk rongga kecil yang berisi udara. Di dalam rongga terdapat tiga tulang pendengaran, yaitu tulang martil, landasan, dan sanggurdi yang saling berhubungan. Tulang-tulang ini disebut osikel. Pada telinga tengah juga terdapat saluran yang menghubungkan telinga tengah dengan rongga mulut yang disebut saluran Estachius. Fungsi saluran ini adalah untuk menyeimbangkan tekanan udara di luar dan di dalam telinga sehingga gendang telinga tidak rusak. Telinga bagian tengah berfungsi untuk meneruskan getaran bunyi dari telinga luar ke telinga dalam. 
c. Telinga dalam
Telinga dalam terdiri atas jendela oval, jendela bundar, rumah siput (koklea), dan tiga saluran setengah lingkaran. Jendela oval merupakan penghubung antara telinga tengah dengan telinga dalam yang berupa selaput tipis. Jendela oval ini berfungsi untuk menerima bunyi. Koklea atau rumah siput berupa tabung yang melingkar seperti spiral dan berisi cairan limfa. Di dalam koklea terdapat organ kortiyang banyak mengandung ujung-ujung sel saraf pendengaran. Sel-sel saraf pendengaran ini berupa sel-sel rambut yang peka terhadap rangsangan bunyi. Di telinga dalam terdapat bagian yang berfungsi untuk mengendalikan keseimbangan tubuh dan untuk mendeteksi posisi tubuh. Bagian tersebut berbentuk setengah lingkaran yang tersusun menjadi satu kesatuan, yaitu tiga saluran setengah lingkaran.

Masukkan email anda.


Labels:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya.
1. Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik
3. Mohon untuk berkomentar 1 kali saja untuk topik yang sama.
4. Setiap komentar yang dikirim menunggu persetujuan Admin untuk di terbitkan.

[facebook][blogger]

Filenya.com

{google-plus#https://plus.google.com/+FilenyaCom/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget