no fucking license
Bookmark

Buku SKI MI Kls 6 Kurikulum 2013 Revisi 2016

Buku SKI MI Kls 6 Kurikulum 2013 Revisi 2016
Buku SKI MI Kls 6 Kurikulum 2013 Revisi 2016

Buku SKI MI Kls 6 Kurikulum 2013 Revisi 2016 - Kurikulum 2013 merupakan hasil rekonseptualisasi secara teoretik kurikulum berbasis kompetensi. Teori mengenai kompetensi dan kurikulum berbasis kompetensi diarahkan kepada pikiran pokok bahwa konten kurikulum adalah kompetensi, dan kompetensi diartikan sebagai kemampuan melakukan sesuatu (ability to perform) berdasarkan sikap, keterampilan, dan pengetahuan.

Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan pendekatan belajar aktif berdasarkan nilai-nilai agama dan budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah c.q. Kementerian Agama telah melakukan penyesuaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi (SI) pada mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di Madrasah. Kurikulum 2013 sudah tidak lagi menggunakan standar kompetensi (SK) sebagai acuan dalam mengembangkan kompetensi dasar (KD). Sebagai gantinya, Kurikulum 2013 telah menyusun kompetensi inti (KI). Kompetensi inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap kelas atau program (PP No. 32/2013).

Kompetensi Inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dikembangkan ke dalam Kompetensi Dasar. Perubahan perilaku dalam pengamalan ajaran agama dan akhlak mulia menjadi perhatian utama. Tujuan penyusunan Buku Pedoman Guru ini adalah untuk memberikan panduan bagi Guru PAI madrasah pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) menekankan pada kemampuan mengambil ibrah / hikmah (pelajaran) dari sejarah Islam, meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek, dan seni, dan lain-lain, untuk mengembangkan Kebudayaan dan peradaban Islam pada masa kini dan masa yang akan datang.

Dalam buku ini terdapat lima hal penting yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu: proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remidi, dan interaksi guru dengan orangtua peserta didik. Dengan demikian, tujuan pembelajaran diharapkan dapat tercapai secara optimal dan selaras dengan tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab.

Cover Buku SKI MI Kls 6 Kurikulum 2013 Revisi 2016


| Cover Guru Buku SKI MI Kls 6 Kurikulum 2013 Revisi 2016
| Cover Siswa Buku SKI MI Kls 6 Kurikulum 2013 Revisi 2016

Buku SKI MI Kls 6 Kurikulum 2013 Revisi 2016

 
| Buku Guru Buku SKI MI Kls 6 Kurikulum 2013 Revisi 2016
| Buku Siswa Buku SKI MI Kls 6 Kurikulum 2013 Revisi 2016

Posting Komentar

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya.
1. Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik
3. Mohon untuk berkomentar 1 kali saja untuk topik yang sama.
4. Setiap komentar yang dikirim menunggu persetujuan Admin untuk di terbitkan.