RPP Prakarya Kewirausahaan Kelas XI-11 Kurikulum 2013

[caption id="" align="aligncenter" width="400"]RPP Prakarya Kewirausahaan Kelas XI-12 Kurikulum 2013 RPP Prakarya Kewirausahaan Kelas XI-12 Kurikulum 2013[/caption]

 

RPP Prakarya Kewirausahaan Kelas XI SMA SMK MA MAK:

Kurikulum di Indonesia dalam sejarahnya sudah mengalami beberapa kali perubahan, mulai dari kurikulum tahun 1976, kurikulum 1994 yang berupa KBK, kurikulum 2006 KTSP, dan sekarang Kurikulum 2013. Perubahan kurikulum ini tentunya disesuaikan dengan perkembangan dan tuntutan kebutuhan dalam kehidupan masyarakat ilmu Ipengetahuan, sains, teknologi, sosial, seni, keterampilan/prakarya, dan bidang lainnya, serta kebijakan pemerintah dalam pendidikan nasional. Perubahan perkembangan dan tututan kebutuhan ini perlu diantisipasi kedalam kurikulum pendidikan. Oleh karena itu, pemerintah evaluasi dan penyempurnaan agar tetap sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat.

Para pengembang kurikulum menyesuaikan kebijakan Pemerintah terhadap perkembangan tersebut. Pada Tahun 2006, Pemerintah Indonesia melalui Departemen Pendidikan Nasional mengeluarkan Permendiknas No. 22 tentang Standar Isi (SI), Permendiknas No. 23 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan Permendiknas No. 24 yang mengatur pelaksanaan Permendiknas mengenai SI dan SKL tersebut. Implementasi Standar Isi mata pelajaran kewirausahaan telah memasuki tahun keenam dan telah mendapat banyak masukan dari masyarakat, baik dari para guru, pakar keterampilan, akademisi di perguruan tinggi, dan masyarakat umum, termasuk orang tua peserta didik yang menganggap bahwa kurikulum mata pelajaran Kewirausahaan terlalu sulit untuk dipahami Mata pelajaran Kewirausahaan dipandang sebagai mata pelajaran pilihan yang kurang menarik, bahkan dianggap tidak penting dan dirasakan kurang bermanfaat bagi perkembangan akademik. Pemahaman terhadap isi, makna, dan tujuan pelajaran Kewirausahaan belum dipahami secara mendalam. Prinsip pembelajaran pun belum memberi manfaat bagi perkembangan kejiwaan peserta didik. Pelajaran Kewirausahaan ini bukan merupakan pelajaran yang di UN-kan sehingga peserta didik beranggapan pelajaran ini tidak begitu penting. Padahal Kewirausahaan ini merupakan pelajaran yang penting karena peserta didik dapat mengeksplorasi dirinya menjadi manusia-manusia Indonesia yang kreatif, inovatif dan mandiri. RPP Prakarya Kewirausahaan XI SMA SMK MA MAK, Program Tahunan Prakarya Kewirausahaan XI SMA SMK MA MAK, Program Semester Prakarya Kewirausahaan XI SMA SMK MA MAK, KKM Prakarya Kewirausahaan XI SMA SMK MA MAK.Pada Struktur Kurikulum 2013 ini, mata pelajaran Kewirausahaan berubah nama menjadi Prakarya dan Kewirausahaan. Pada prinsipnya, konten Prakarya dan Kewirausahaan sama dengan mata pelajaran Kewirausahaan yang terdapat pada kurikulum sebelumnya.

Hanya disini ada penambahan Prakarya dengan memanfaatkan teknologi, kearifan lokal yang dapat mengangkat budaya bangsa. Tujuan dari penambahan prakarya adalah untuk memberi sumbangan pengembangan kreativitas sebagai sumber dari ‘industri kreatif’ yang sedang diangkat dalam wacana pendidikan ‘karakter bangsa. Pembelajaran Prakarya khas daerah akan memberi apresiasi tentang multikultural yaitu mengenal budaya suku bangsa Indonesia. Pembelajaran prakarya khas daerah setempat disertai pemahaman terhadap latar belakang penciptaan (budaya dan teknologi tepat guna) akan memberi makna pengembangan pendidikan multikultural. Oleh karenanya, mata pelajaran Prakarya digabungkan dengan kewirausahaan masuk dalam konstelasi ‘kurikulum pendidikan Indonesia’ yang secara umum diharapkan memberi sumbangan kepada pembentukan karakter yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. Guru dan pengelola sekolah sebagai fasilitator dalam dunia pendidikan, berperan untuk membentuk karakter bangsa sekaligus berperan sebagai the agent change.

Dalam konteks ini, guru harus segera melakukan tranformasi yang cepat dalam budaya mengajar (teaching) kepada pembelajaran (learning) yang diperkuat dengan latihan (training) tentang konsep dan prinsip pendidikan keterampilan sebagai life skill. Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan yang dilakukan oleh guru mengedepankan pendekatan belajar aktif pemecahan masalah problem based learning (PBL), yaitu mengenal permasalahan psikologi (kejiwaan), kemampuan keterampilan (motorik kasar maupun motorik halus) sebagai dasar pengembangan soft skill peserta didik. Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan pada kurikulum 2013, sebaiknya disusun berdasarkan pada perkembangan IPTEKS, dan budaya lokal. Budaya lokal ini dapat menjadi sistem nilai kerja pada masing-masing daerah sebagai potensi lokal yang dapat mengangkat derajat bangsa. Dalam konteks pendidikan kearifan lokal, pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan berbasis budaya diselenggarakan pada tingkat awal dalam pendidikan formal. Konten pendidikan Prakarya dan Kewirausahaan dari kearifan lokal berupa pendidikan: (1) tata nilai dan sumber etika dan moral dalam kearifan lokal, sekaligus sebagai sumber pendidikan karakter bangsa, (2) teknologi tepat guna yang masih relevan dikembangkan untuk menumbuhkan semangat pendidikan keterampilan proses produksi, dan (3) materi kearifan lokal sebanyak 16 butir yaitu a). upacara adat, b).cagar budaya, c). pariwisata-alam,

RPP Prakarya Kewirausahaan Kelas XI-11 Kurikulum 2013 Silahkan Download semua. Bagi yang membutuhkan RPP Prakarya Kewirausahaan Kelas XI-11 Kurikulum 2013 silahkan Pilih aja sesuai kebutuhan saudara-saudara sekalian, pada link di bawah ini :

 

| PKBM Prakarya dan Kewirausahaan 11-01
| RPP-KELAS-XI_Kerajinan_PBB
| RPP-KELAS-XI-REKAYASA-PBB
| KWi2 RPP1 SERI 2 XI PAKET
| KWi2 RPP2 -PAKET XI
| KWi2 RPP3 XI PAKET
| KWi2 RPP4, 5, 6 PAKET XI
| KWi2 RPP7, 8, 12 PAAKET XI
| KWi2 RPP13 KLS XI
| KWi2 RPP14 KLS XI PAKET
| KWi2 RPP18 PLS XI PAKET
| KWi2 RPP19 KLS XI PAKET
| KWi2 RPP20 KLS XI PAKET
| KWi2 RPP24 PAKET XI


Masukkan email anda.


Post a Comment

maaf ini untuk smester 2 nya ndak apa yah???
mohon bantu
masih guru baru soalnya
terimakasih
rofiqoh.umar@gmail.com

Terima kasih atas kunjungannya.
1. Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik
3. Mohon untuk berkomentar 1 kali saja untuk topik yang sama.
4. Setiap komentar yang dikirim menunggu persetujuan Admin untuk di terbitkan.

[facebook][blogger]

Filenya.com

{google-plus#https://plus.google.com/+FilenyaCom/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget