Buku Prakarya dan Kewirausahaan Kelas 12 Kurikulum 2013-Kurikulum Nasional SMA-SMK-MA

Buku Prakarya dan Kewirausahaan Kelas 12 Kurikulum 2013 SMA-SMK-MARevisi 2015 Prakarya dapat dipahami sebagai pra-karya, yaitu sebuah proses sebelum terjadinya sebuah karya, termasuk di dalamnya pembinaan apresiasi dan produksi karya. Prakarya melatih keterampilan dan kecakapan hidup, yang dalam mata pelajaran ini di

Buku Prakarya dan Kewirausahaan Kelas 12 Kurikulum 2013-Kurikulum Nasional SMA-SMK-MARevisi 2015

Prakarya dapat dipahami sebagai pra-karya, yaitu sebuah proses sebelum terjadinya sebuah karya, termasuk di dalamnya pembinaan apresiasi dan produksi karya. Prakarya melatih keterampilan dan kecakapan hidup, yang dalam mata pelajaran ini dibagi menjadi 4 strand/jalur yaitu Kerajinan, Rekayasa, Budidaya dan Pengolahan. Pada masing-masing strand pengajaran meliputi pengetahuan, keterampilan membuat dan memproduksi dengan beragam teknik dan material serta melatih sikap kerja individu maupun dalam kelompok. Kewirausahaan, atau sebelumnya dikenal dengan kewiraswastaan. Kewiraswastaan terbentuk dari kata wira: utama, gagah berani, luhur; swa: sendiri; sta: berdiri; usaha: kegiatan produktif.

Di Indonesia kata wiraswasta sering diartikan sebagai orang-orang yang tidak bekerja pada sektor pemerintah yaitu; para pedagang, pengusaha, dan orang-orang yang bekerja di perusahaan swasta, sedangkan wirausahawan adalah orang-orang yang mempunyai usaha sendiri. Wirausahawan adalah orang yang berani membuka kegiatan produktif yang mandiri. Pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan, siswa diarahkan untuk memiliki keberanian dalam menggunakan daya kreatif, produktif dan mandiri agar pada saatnya mampu membuat usaha sendiri atau berwirausaha.

Mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan kelas XII akan melatih siswa untuk jeli melihat potensi daerahnya dan peluang pasar yang ada. Siswa didorong untuk melakukan proses kreatif dan berkarya untuk memanfaatkan peluang pasar yang ada melalui pengembangan potensi di lingkungan daerah setempat. Setiap daerah memiliki karakter, peluang serta potensi yang berbeda-beda dan unik. Buku Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XII terdiri menjadi 4 strand/jalur yaitu Kerajinan, Rekayasa, Budidaya dan Pengolahan. Pada masing-masing strand pengajaran meliputi pengetahuan, keterampilan dan kewirausahaan. Pada pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan, satuan pendidikan dapat memilih 2 (dua) strand saja yang sesuai dengan potensi lingkungan daerah setempat.

Dua strand diwajibkan untuk digunakan dalam satu tahun ajaran. Satuan pendidikan diperkenankan pula untuk menerapkan 4 (empat) strand, selama satuan pendidikan mampu menyediakan jam tambahan. Keempat strand dari mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan memiliki karakteristik pembelajaran yang berbeda sehingga mempengaruhi kebutuhan waktu (durasi) pembelajaran/jam pertemuan dari setiap strand. Strand Budidaya memerlukan jangka waktu tertentu untuk pertumbuhan atau perkembangbiakan. Sementara strand kerajinan, rekayasa dan pengolahan memerlukan jangka waktu yang relatif lebih singkat dalam setiap tahapan prosesnya. Bila strand Budidaya merupakan salah satu yang dipilih, pada pelaksanaan pembelajarannya dapat dilakukan secara berselang-seling dengan strand lainnya. Pengaturan waktu dilakukan oleh satuan pendidikan, sesuai karakteristik pembelajarannya, agar tujuan pembelajaran dari kedua strand yang dipilih dapat tercapai.

Pada buku ini terdapat prinsip-prinsip dasar dari pengenalan material, proses produksi, proses pencarian dan pengembangan ide serta pengembangan wirausaha. Materi yang terdapat pada buku teks ini sangat memungkinkan untuk diperkaya dan dikembangkan sesuai dengan potensi lokal daerah setempat yang terkait dengan ketersediaan bahan, keberadaan industri atau sentra industri, teknik tradisional setempat dan lain-lain. Proses pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan mengatur lingkungan yang ada di sekitar, memfasilitasi dan membimbing siswa, sehingga terdorong untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, daya kreatif, disiplin, serta keberanian mengambil keputusan dan kemampuan bekerja mandiri maupun dalam kelompok.

Buku Prakarya dan Kewirausahaan Kelas 12 Kurikulum 2013-Kurikulum Nasional SMA-SMK-MA Revisi 2015 Silahkan Download semua. Bagi yang membutuhkan Buku Prakarya dan Kewirausahaan Kelas 12 Kurikulum 2013-Kurikulum Nasional SMA-SMK-MA Revisi 2015 silahkan Pilih aja sesuai kebutuhan saudara-saudara sekalian, pada link di bawah ini. Buku Prakarya dan Kewirausahaan Kelas 12 Kurikulum 2013-Kurikulum Nasional SMA-SMK-MA Revisi 2015 ini sudah termasuk buku guru dan buku siswa semester 1-2 revisi 2015:

Prakarya dan Kewirausahaan

| Buku Guru SMA/SMK/MA Kurikulum 2013 Revisi 2015 KelasXII Prakarya dan Kewirausahaan.Pdf
| Buku Siswa SMA/SMK/MA Kurikulum 2013 Revisi 2015 KelasXII Prakarya dan Kewirausahaan.Pdf



Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya.
1. Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik
3. Mohon untuk berkomentar 1 kali saja untuk topik yang sama.
4. Setiap komentar yang dikirim menunggu persetujuan Admin untuk di terbitkan.

[blogger][facebook]

MKRdezign

{google-plus#https://plus.google.com/+FilenyaCom/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget